Pages

Sabtu, 05 Januari 2013

Sriwijaya vs Persiba = 1-1 , Juara Bertahan Nyaris Malu

Juara bertahan isl , Sriwijaya FC lolos dari kekalahan di laga perdana Indonesia Super League (ISL) musim 2013. Juara Indonesia musim lalu itu mampu menahan imbang Persiba Balikpapan 1-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Dalam dUel pembuka ISL musim 2013 yang digelar di Gelora Sriwijaya, Sabtu (5/1/2013), tim tuan rumah sebetulnya unggul dalam penguasaan bola. Namun, sayangnya tim tamu justru berhasil mencuri gol melalui satu-satunya peluang milik mereka.

Adalah Penyerang Persiba Balik Papan Mahmoud El Ali yang berhasil mengagetkan kubu tuan rumah dengan sebuah gol di menit ke-18. Gol hasil tendangan jarak jauh itu diciptakan seakan tak sengaja karena Sriwijaya tengah menguasai bola.

Penyerang Timnas Lebanon itu berhasil merebut bola yang tengah dikuasai oleh bek Srwijaya Ahmad Jufriyanto. Dan secara kebetulan, kiper Sriwijaya Ferry Rotinsulu melangkah maju jauh dari gawang yang dijaganya.

Sebuah tendangan jarak jauh pun meluncur mulus tak terbendung lagi.

Tertinggal dari tim tamu, kubu Sriwijaya mencoba mengejar. Di menit ke-26 Tendangan keras Tantan dai sisi kira kotak penalti hampir saja menjadi gol, seandainya tak terbentur tiang.

Di menit ke-35 Lagi-lagi Tantan gagal memanfaatkan peluang. Sebuah umpan tusukan dari Taufik Kasrun gagal dimanfaatkan karena masih melebar.

Di menit-menit akhir babak pertama Kiper Persiba Wawan Hendrawan tampil memukau. Dua kali serangan dari Boakay Foaday dan Sultan sama berhasil ditepis dan digagalkan. Hingga turun minum, Persiba unggul 1-0.

Setelah terus menekan dan membuat peluang, SFC akhirnya baru bisa merobek gawang Persiba pada menit ke-74. Sepakan setengah voli Fandy Mochtar berhasil meruntuhkan tembok kokoh yang dibangun Wawan Hendrawan. Jakabaring bergelora berkat tendangan mantan pemain Persisam Samarinda itu, skor kembali imbang 1-1.

Menit ke-78 wasit Aeng Suharlan membuat keputusan sangat kontroversial. Skema serangan balik lewat bola panjang, membuat Ferry Rotinsulu salah mengantisipasi bola dan menepis peluang yang dibuat Persiba. Sangat beruntung, Ferry hanya dapat kartu kuning meski diprotes keras pemain-pemain Persiba.

Persiba hampir saja kembali unggul delapan menit jelang bubar. Mahmoud El Ali mendapatkan ruang di kotak penalti SFC. Namun, sepakannya masih terbang di atas mistar gawang Rifky Mokodompit, pengganti Ferry yang alami cedera engkel.

Pada lima menit terakhir, Jakabaring diguyur hujan lebat yang disertai angin kencang. Kondisi ini membuat permainan kedua tim sulit berkembang meski lapangan bisa menyerap air dengan baik. Sampai peluit panjang, skor imbang 1-1 masih bertahan.

Dengan hasil ini, empat tim yang berlaga pada hari Sabtu merebut hasil yang sama di mana Pelita Bandung Raya dan Barito Putera juga menelan hasil imbang 1-1. SFC, Persiba, PBR dan Barito berbagi tempat di papan atas klasemen dengan poin 1.

SUSUNAN PEMAIN:
Sriwijaya FC:
Ferry Rotinsulu; Taufik Kasrun, Diogo Santos, Ahmad Jufrianto, Mahyadi Pangabean; Imanuel Padwa, Ali Khadafi, Boakay Edy Foday; Sultan Samma, M Fachrudin, Tantan.

Persiba Balikpapan: Wawan Hendrawan; Precious, Absor Fauzi, Yus Arfandi, Roy Budiansyah; Alfian Habibi, Patrice Nzekou, Zulfin Zamrun, Frengky Turnando; Diego Santos, Mahmoud El Ali.