Tim Nasional (Timnas) Senior sepakbola Indonesia yang disiapkan untuk Pra Piala Asia (PPA) 2015 menantang Timnas Uni Emirat Arab (UEA) dalam pertandingan ujicoba di Singapura, 30 Januari 2013.

Manajer Timnas Senior, Mesak Manibor, saat dikonfirmasi dari Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa selain melawan UEA, anak asuh Nil Maizar juga dijadwalkan menghadapi Timnas Jordania.

"Untuk menghadapi Jordania rencananya akan dilakukan di Amman pada tanggal 3 Februari nanti," katanya.

Menurut dia, selain dijadwalkan menjalani pertandingan uji coba internasional, Timnas Garuda yang akan mulai menjalani pelatihan nasional (pelatnas) di Medan, Minggu (6/1), dan dijadwalkan menjalani beberapa pertandingan uji melawan klub lokal.

Setelah menjalani dua pertandingan uji internasional, Timnas Senior akan langsung terbang ke Doha, Qatar, guna menjalani pertandingan perdana PPA 2015 Grup C melawan Irak, 6 Februari 2012.

Ketika ditanya pers, apakah dua pertandingan uji coba ini tidak mendesak dengan waktu pertandingan resmi PPA?, Mesak Manibor, yang juga Bupati Sarmi, menyatakan bahwa belum bisa menjelaskan secara terinci karena harus berkoordinasi terlebih dulu dengan jajaran pelatih timnas.

"Pelatih yang akan mengkaji. Yang jelas, kami akan berupaya maksimal untuk mendukung timnas," katanya.

Guna membentuk timnas untuk PPA 2015, PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin memanggil 51 pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL), Indonesia Premier League (IPL), pemain naturalisasi, serta pemain terbaik di luar kompetisi.

Manibor mengatakan bahwa dari 51 pemain yang dipanggil saat ini sudah ada 23 pemain telah siap datang ke Medan guna menjalani tes kesehatan dan tes fisik sebelum masuk pelatnas.

"Mungkin besok sudah genap 30 pemain. Saat ini, komunikasi terus kami lakukan. Komunikasi juga kami lakukan dengan pemain ISL," katanya.

Indonesia pada PPA 2015 tergabung di Grup C bersama Saudi Arabia, Irak, dan China. Setelah menjalani pertandingan perdana melawan Irak, Timnas Garuda akan menantang Saudi Arabia di Gelora Bung Karno Jakarta, 22 Maret mendatang.
(gd)