Pages

Rabu, 16 Januari 2013

Selangkah Lagi Ronaldo gabung Persisam

Ronaldo Barbosa tinggal selangkah lagi akan mengenakan kostum Persisam Putra. Meski belum secara resmi merekomendasikan Ronaldo kepada manajemen, tapi pelatih Sartono Anwar terlihat mengagumi penyerang asal Brazil itu.

Kemarin pagi, usai memimpin latihan di Stadion Segiri, Sartono mengungkapkan bahwa Ronaldo memiliki skill mumpuni. Namun, masih harus dipantau lagi. “Di lapangan kecil, kemampuannya tidak masalah, tapi perlu dilihat bagaimana saat dia bermain satu lapangan penuh,” ujar Sartono.

Karena masih dalam tahap perawatan, eks tactician Persibo Bojonegoro dan PSIS Semarang ini tidak dapat menggunakan seluruhnya lapangan Stadion Segiri. Dia hanya memainkan game kecil di daerah belakang gawang.

Masa depan Ronaldo pun akan diputuskan saat melakoni latihan di Stadion Utama Kaltim, Palaran, sore ini. Di sana, Sartono bermaksud menilai permainan pemain bertubuh gempal itu. Tapi saat dimintai komentarnya, pria dengan ciri khas topi pettersebut enggan memberikan jawaban.

Sebelumnya, Sartono mengungkapkan bahwa hasil penilaiannya itu akan disampaikan kepada manajemen. “Jadi, kalaupun sore nanti (kemarin) saya merekomendasikannya, tidak bisa juga langsung dikontrak,” jelasnya.

Disampaikan Sartono, penilaian untuk pemain asing dibagi dalam tiga bagian, kurang, cukup, dan istimewa. Namun lagi-lagi dia enggan mengungkapkan Ronaldo ada di bagian mana. “Kalau kategori istimewa tentu saja harganya mahal,” pungkasnya.

Persisam memang memerlukan sosok bomber tajam di lini depan. Sejauh ini, baru Ferdinand Sinaga yang dinilai memiliki kriteria yang dimaksud meski belum mencetak gol. Kompatriotnya, Bayu Gatra, Lerby Elyandri, dan Aldair Makatindu bisa jadi opsi.

Akan tetapi, usia yang muda serta minim jam terbang di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, riskan rasanya menyerahkan tanggung jawab yang besar kepada ketiganya. Oleh karena itu, Persisam mencoba mencari stiker tangguh yang ke depannya tak hanya menjadi tumpuan dalam urusan membobol gawang lawan.

Lebih dari itu, sosok penyerang ini akan jadi mentor bagi penyerang belia Persisam agar survive mengarungi kerasnya Indonesia Super League (ISL) 2013.  (edw)