Pages

Kamis, 03 Januari 2013

Persiwa dapat Suntikan 6 M dari 6 Kabupaten Pegunungan Tengah

- Untuk menghadapi Indonesian Super League musim 2012/2013 tim Badai Pegunungan Persiwa Wamena akan mendapat suntikan dana segar dari enam Kabupaten yang ada di wilayah Pegunungan Papua. Setiap Kabupaten rencananya akan memberikan sumbangan Rp 1 Milyar. Hal itu diungkapkan Ketua Umum Persiwa John Banua.
‘’Enam Kabupaten yakni Puncak Jaya, Lany Jaya, Yalimo, Tolikara, Jayawijaya dan Mamberamo Tengah sepakat membantu pembiayaan Persiwa untuk menghadapi ISL musim 2013. Tiap Kabupaten memberikan 1 M, dan tentu ini sangat membantu,’’ ujar John Banua.
Suntikan dana itu, kata John Banua, memang belum sepenuhnya mampu mengatasi perkiraan biaya yang dibutuhkan Persiwa dalam menghadapi satu musim kompetisi bergulir. Tapi, Persiwa sangat mengapresiasi bantuan itu, sebagai kepedulian yang sangat tinggi. ‘’Kami sangat berterima kasih kepada 6 kabupaten itu, karena ini bentuk solidaritas kabupaten yang ada di Pegunungan Papua yang ingin Persiwa tetap eksis dan berprestasi di kancah ISL,’’ungkapnya. John Banua menyatakan, dengan suntikan dana 6 M, maka Persiwa sudah memiliki persiapan dana total 16 M menghadapi musim ini. ‘’16 M memang masih jauh dari mencukupi, karena estimasi kami butuh 24-26M untuk menghadapi satu musim liga. Apalagi home base Persiwa di wilayah Pegunungan, semua akses hanya dengan pesawat,’’tandasnya.
Selain bantuan dari 6 kabupaten, John Banua juga mengakui ada sponsor lain yakni Bank Papua cabang Jayawijaya. ‘’Bank Papua tetap membantu, tapi berapa nilainya belum bisa saya ungkapan,’’ketusnya.
John Banua mengungkapkan, keinginan pihak swasta di Papua untuk menjadi sponsor masih sangat minim. ‘’Belum ada swasta yang berminat jadi sponsor, inilah salah satu kendala kami di Pegunungan Papua. Sebenarnya, kami sangat membutuhkan bantuan PT Freeport, tapi sampai sekarang usulan kami tidak pernah dijawab, padahal wilayah operasi di daerah Pegunungan,’’tandasnya.
Mengenai target dengan dana yang minim, John Banua tetap optimis Persiwa bertengger di papan atas. ‘’Sekalipun persiapan tim lain jauh lebih baik, tapi kami tetap yakin bisa diposisi 1, 2 atau 3,’’imbuhnya.(bm)