Pages

Jumat, 11 Januari 2013

Persija vs Mitra Kukar : Manfaatkan Momentum





Suasana nyaman kini ada di kubu Mitra Kukar. Selain meraih kemenangan penting di laga perdana musim ini, saat menghadapi Persija Jakarta sore nanti di Gelora Bung Karno Jakarta, belum bagusnya kondisi lawan menjadi salah satu keuntungan lain skuad Naga Mekes tersebut. Masalah belum lunasnya gaji beberapa pemain Persija, sampai kemarin dikabarkan belum kelar. Hal ini akan dimanfaatkan Hamka Hamzah dkk saat menghadapi Macan Kemayoran di kandang mereka. .
Manajer tim Ronni Fauzan mengatakan, kemenangan kedua menjadi bidikan Mitra Kukar sore ini. Terlepas dari masalah internal di tubuh Persija, Oni – sapaan akrabnya – meminta kepada semua pemain agar tampil bagus dan pulang dengan membawa 6 poin dari dua pertandingan away perdana ini.
“Anak-anak sudah punya modal besar saat menang di kandang PSPS. Memang tak bisa menyamakan kekuatan PSPS dengan Persija meski lawan kedua ini sedang tak kondusif. Tapi saya ingin pemain bisa tampil lebih baik dan memenangkan pertandingan,” harapnya.
Saat menghadapi PSPS Pekanbaru, kapten tim Hamka Hamzah sempat ditarik  keluar karena mengalami cedera. Namun di pertandingan besok, Hamka dipastikan siap turun sekaligus menjadi laga kenangan baginya. Sebab Hamka pernah menjadi bagian dari tim Macan Kemayoran tersebut.
Oni mengatakan, meski Persija bakal turun dengan pemain muda namun ia tak mau pemainnya menganggap enteng. Sebab motivasi Persija mendapatkan poin penuh juga tengah berlipat setelah ditahan imbang Persisam Putra.
“Saya katakan pada pemain, tak ada lawan mudah di kompetisi ISL. Musim lalu jadi pelajaran penting bagi mereka. Saat lawan dihadapi dianggap biasa-biasa saja, justru hasil tak maksimal didapatkan,” terangnya.
Ia mencontohkan bagaimana Mitra Kukar sempat ditahan imbang Arema Indonesia di kandang sendiri. Padahal saat itu dari sisi kualitas Arema berada di bawah Mitra Kukar.
“Kam harus memanfaatkan momentum yang ada saat ini. Selain tengah dalam kepercayaan diri tinggi, lawan juga tak diperkuat banyak pemain utamanya,” tegas Oni mengakhiri sementara itu BELUM dilunasinya gaji pemain Persija Jakarta sampai saat ini terus jadi pembahasan. Imbas dari itu adalah terjadinya mogok pemain dari beberapa pemain senior, terutama Bambang Pamungkas. Itulah yang menyebabkan Iwan Setiawan banyak menurunkan pemain muda saat bertemu Persisam Putra. Namun Iwan sendiri tak mau mengatakan kalah ada masalah dalam timnya. Ia mengaku tak ada masalah dalam tubuh Persija meski beberapa pilar utama belum mau bermain. “Kalau saya pribadi melihat semua baik-baik saja. Buktinya kami bisa bermain dengan Persisam Putra dengan materi pemain yang ada. Jadi saya pikir Persija baik-baik saja dan tak ada masalah sama sekali,” terangnya. Iwan mengaku laga melawan Mitra Kukar memang tak mudah. Kedalaman materi tim besutan Stefan Hansson tersebut disebutnya lebih baik. Namun main di kandang sendiri jelas jadi motivasi pemainnya untuk meraih kemenangan. Apalagi hasil imbang di partai pertama disebut Iwan sebagai satu kerugian besar. “Tim mana saja yang main di rumah sendiri dan gagal mendapatkan poin penuh, saya pikir merasa itu sebagai suatu kerugian besar. Dan kami sudah mengalaminya, jadi kami tak mau hasil negatif kami dapatkan di pertandingan lawan Mitra Kukar,” terangnya. Iwan menyadari timnya bakal bekerja lebih keras untuk mendapatkan angka penuh tersebut. Sebab deretan nama besar di skuad Mitra Kukar, bisa saja membuat mental bermain timnya menjadi jatuh. “Tapi saya yakin hal tersebut tak terjadi. Mereka saya lihat malah lebih termotivasi untuk membuktikan kualitas mereka tak kalah dengan para seniornya. Jadi terus terang saja, kami akan main habis-habisan untuk memenangkan pertandingan,” papar Iwan. Pertemuan kedua tim sore ini juga menjadi sarat emosi bagi Anindito Wahyu Eminarno. Pemain yang biasa disapa Buluk ini, selama dua musim membela Mitra Kukar. Bahkan Anindito menjadi bagian penting sukses Naga Mekes promosi ke ISL dua musim silam. (wfr)