Pages

Senin, 07 Januari 2013

Jimmy Napitupulu : Wasit Indonesia tak tahu aturan

Mantan wasit Jimmy Napitupulu mengaku, saat ini hampir semua wasit yang mengikuti Liga Indonesia tidak memahami peraturan pertandingan. Ia juga menambahkan konsisten wasit dalam memimpin laga masih sangat lemah. Hal itu disampaikannya saat melakukan workshop dengan tema 'Law of the game 2012/2013 and sport journalism'.

"Cara wasit Indonesia untuk memulai pertandingan saat ini, masih sangat lemah. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi yakni mereka tidak mengetahui betul mengenai peraturan pertandingan," jelas Jimmy di The Bridge, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/1/2012).

Kendati demikian, Jimmy yang saat ini menjadi anggota komite wasit PT. Liga Indonesia, mengaku akan melakukan seleksi untuk merubah kendala yang sedang dialami wasit sepak bola saat ini. Pasalnya, hal ini jelas terlihat bagaimana wibawa juru adil di lapangan jatuh ketika para pemain bisa dengan mudahnya menyentuh tubuh wasit. Saat dia mengeluarkan hukuman kepada para pemain.

"Itu yang saya tahu. Tapi yang jelas tidak ada seorang pemain pun yang bisa menyentuh wasit," akunya.

Hal senada juga disampaikan wasit senior Djaka Mulyana yang mengatakan mestinya baik pemain maupun wasit harus tahu bagaimana peraturan pertandingan di lapangan. Agar tidak terjadi kericuhan saat pertandingan berlangsung. "Harusnya setiap  pemain bahkan wasit harus memahami betul aturan pertandingan," tutup Djaka.(fh)