Pages

Selasa, 22 Januari 2013

Panorama Gondola Terbaik di dunia


Naik gondola, melihat pemandangan dari ketinggian, selalu terasa menyenangkan. Di Indonesia, ada dua gondola atau kereta gantung yang terkenal yaitu gondola di Ancol Taman Impian dan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Menurut beberapa pemberitaan, Indonesia akan menambah koleksi gondola yaitu di Sawahlunto, Sumatera Barat dan Bandung, Jawa Barat. Nah, di setiap negara di dunia pun memiliki gondola andalan mereka. Berikut beberapa gondola terbaik di dunia. 

Gulmarg Gondola, India. 
Gondola ini berada di utara India, tepatnya di Jammu dan Kashmir. Berada di ketinggian sekitar 4267 meter di atas permukaan laut, menjadikan gondola disebut-sebut sebagai gondola tertinggi di dunia. 

Gulmarg Gondola 
Gulmarg Gondola di utara India (Foto: Gulmarg Gondola) 

Naik gondola ini menawarkan pemandangan Pegunungan Himalaya yang begitu magis. Pepohonan cemara ditutupi salju putih menjadi panorama di musim dingin. 

Ngong Ping 360, China.
 Gondola di Pulau Lantau, Hongkong, China, ini melintasi pusat kota Tung Chung menuju dataran tinggi Ngong Ping. Panorama kota dengan gedung-gedung tinggi khas Hongkong menjadi latar belakang saat mengendari gondola.

Lalu dilanjutkan panorama di Pulau Lantau yang menakjubkan terutama patung Tian Tian Buddha, patung Buddha duduk di ruang terbuka tertinggi di dunia. Kabin gondola tersedia dalam beberapa kelas, salah satunya dihiasi kristal Swarovski.

The Skyrail Rainforest Cableway, Australia. 
Gondola berikut ini berada di Queensland, Australia. Kereta gantung sepanjang 7,5 kilometer tersebut melewati hutan hujan tropis milik Australia. 

The Skyrail Rainforest Cableway 
The Skyrail Rainforest Cableway di Queensland, Australia. (Foto: The Skyrail Rainforest Cableway)
Spokane Falls SkyRide, Amerika Serikat. Gondola ini berada di Spokane, Washington, Amerika Serikat. Penuh dengan nuansa air, gondola melewati air terjun dan bendungan Spokane, lalu melewati balai kota yang bernuansa art deco.

Kemudian, gondola akan dibawa turun ke Hungtington Park Natural Area. Lalu, gondola melewati sungai Spokane. 

Dubrovnik, Kroasia. Waktu terbaik untuk naik gondola yang berada di Dubrovnik, Kroasia, ini adalah malam hari. Pemandangan matahari tenggelam di cakrawala lautan Adriatic menjadi andalannya. Sementara di bawah saja, lampu-lampu di kota mulai menyala bagai kerlap-kerlip kunang-kunang.

Fuente Dé Cable Car, Spanyol. 
Gondola yang satu ini berada di Cantabria, Spanyol. Bentuknya memang kecil, namun ia melintasi tebing bebatuan dan lembah.  Panorama menakjubkan pegunungan Picos de Europa menjadi andalannya.


Sumber