Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

Membuka Password Windows dengan Ubuntu



                Jika sobat Antero lupa password login Windows, ada cara untuk memulihkan dengan menggunakan system operasi Ubuntu.

                Halpertama yang perlu dilakukan adalah membuat Live CD atau Live USB Flashdisk Ubuntu Linux. Ubuntu Live ini akan digunakan untuk booting ke system dan melakukan prosedur yang dibutuhkan untuk membongkar password Windows. Cara paling mufah untuk melakukan itu adalah dengan mendownload UNetBootin dan menjalankannya. Aplikasi sederhana ini akan mendownload versi Ubuntu yang dipilih untuk meakukan instalasi pada flashdisk yang akan sobat siapkan.

                Tahap kedua adalah mengistal utility Open Source bernama chntpw. Hal ini dilakukan dari Ubuntu dengan menjalankan Synaptic Packege Manager. Untuk bias mendapatkan chntpw, Synaptic Package Manager harus diarahkan untuk melihat pada penyimpanan aplikasi Univers. Hal itu dilakukan dengan mengklik menu Setting > Repositoris pada jendela Synaptic. Kemudian, centang pilihan ‘Community-mainted Open Source software (universe)’ dan klik Close. Setelah itu, klik tombol Reload dan Synaptic akan men-download informasi paket terbaru dari Universe. Setelah selesai, ketikkan chntpw pada kotak Quick Search. Jika sudah muncul, centang kotak di sisi tulisan chntpw, pilih ‘Mark of Instalation’. Lalu klik Apply untuk mengistalhya.

                Tahap ketiga adalah mengubah password Windows dengan chntpw.

1.      Mount hardsik/drive yangberisi instalasi Windows sobat

2.      Buka hardisk itu (klik Places) dan catat label drive yang muncul pada menubar jendela file browser

3.      Buka jendela Terminal (Applications > Accessories > Terminal)

4.      Ketik perintah berikut pada Terminal: cd/media kemudia Is

5.      Ketik: cd [label hardisk yang tadi sobat catat]

6.      Ketik: cd WINDOWS/system32/config

7.      Untuk mengubah password Administrator, ketikkan perintah: sudo chntpw SAM

8.      Akan muncu;l beberapa perintah yang bias Anda pilih, perintah paling aman adalah membuat password jadi kosong. Lakukan ini dengan menekan angka ‘1’, lalu tekan ‘Y’ untuk konfirmasi

9.      Pilih ‘2’ untuk menguah password ke kata tertentu, namun hal ini memiliki resiko error lebih besar

10.  Untuk mengubah password user lain (non-administrator), ketikkan perintah berikut (dari Terminal): sudo chntpw –u [nama user] SAM

Sangat mudah bukan? Inilah keunggulan Linux dibandingkan dengan Windows. Linux dapat membongkar bahkan mengacak-acak system opearsi Windows, sementara Windows tidak punya kemampuan membongkar Linux.