Pages

Kamis, 10 Januari 2013

Inilah Pernyataan PSSI Djohar Seusai Ketemu Presiden AFC , Jilong

PSSI Djohar Arifin Husin dapat kesempatan lebih dulu ketemu acting Presiden AFC Zhang Jilong. Dan, inilah pernyatannya.

PSSI Djohar bertemu dengan Jilong yang didampingi dengan Rita Subowo, Ketua KOI dan task force (TF) PSSI, di lantai 18 Kantor KOI, Jakarta, Kamis (10/1). Mereka bertemu lebih dulu dengan Jilong ke timbang PSSI La Nyalla Mattalitti.

Dalam pertemuan itu, PSSI Djohar diwakili Djohar, Farid Rahman, Halim Mahfudz, Bob Hippy, dan Sihar Sitorus.

Pernyataan Halim seusai pertemuan itu:
Pertemuan itu membahas hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Kamis (10/1) pagi, sekaligus menyambut kedatangan Jilong ke Indonesia. Yang kami hasilkan dalam rapat Exco PSSI pada Kamis (10/1) pagi adalah mengundang 56 pemain buat timnas. Dan, itu jugalah yang jadi laporan pertama kami kepada Jilong.

Selain itu, kami juga mengundang klub-klub yang berada di lingkungan PSSI maupun di luar PSSI buat kembali ke bawah yurisdiksi PSSI. Hal itu sudah kami sampaikan lewat surat pertama yang dikirim pada 20 Desember 2012. Selain menghimbau klub-klub untuk kembali ke yurusdiksi PSSI, surat itu juga berisi pemanggilan pemain buat memperkuat timnas.

Kami berikan deadline untuk melaksanakan isi surat itu hingga 3 Januari 2013. Dan, hingga 3 januari 2013, tidak ada respon. Kami pun kirim surat ke-2 pada 4 Januari 2013.

Hingga saat ini, info dari Bob, sudah ada 24 pemain yang bergabung dalam persiapan timnas. Kami pun masih menunggu. Semoga makin banyak pemain yang bergabung dengan timnas.

Sementara soal himbauan PSSI agar klub-klub kembali ke bawah yurisdiksi PSSI, sampai saat ini kami belum mendapat jawaban resmi lewat surat. Tapi, sudah ada 3 klub yang menunjukkan respon positif dari himbauan itu.

Pemain yang belum bergabung dengan timnas akan kami investigasi. kalau alasan pribadi dan teknis, kami akan berikan kelonggaran. Tapi, jika tidak bergabung karena manajemen klub melarang, kami akan investigasi manajemen klubnya dan laporkan mereka ke Komisi Disiplin PSSI. Kami minta Komdis menghukum mereka. Buat hukumannya, kami serahkan ke Komdis PSSI.

Buat klub-klub yang tidak mentaati himbauan kembali PSSI, sejatinya, klub-klub itu sendiri berstatus disanksi. Tapi, jika mereka kembali ke bawah yurisdiksi PSSI, maka sanksi itu akan diputihkan secara otomatis.

Kami tegaskan, timnas hanya ada 1, yakni yang berada di bawah PSSI Djohar.

Pernyataan Sihar:
Kami ingin masalah selesai. Jadi, buat klub-klub, kembalilah ke rumah, PSSI Djohar.

Pernyataan Halim saat dinyata soal tanggapan AFC atas laporan yang diberikan pihaknya:
Beliau menerima laporan itu dengan baik. Tapi, tidak ada keputusan atau himbauan. Ia hanya meminta PPSSI buat terus bekerja, selesaikan masalah, dan tegakkan statuta.