Pages

Jumat, 04 Januari 2013

Ijin Kepolisian Beres , ISL Siap digelar sesuai jadwal

Liga Super Indonesia (ISL) 2012-13 dipastikan bergulir mulai besok, Sabtu, 5 Januari 2013. PT Liga Indonesia selaku pengelola kompetisi telah mengantongi izin keramaian yang selama ini masih tanda tanya. "Kami sudah berkoordinasi dengan otoritas keamanan serta kawan-kawan klub di daerah. Status laga Pelita Bandung Raya melawan Barito Putra sudah ok, begitu juga dengan laga di Palembang dipastikan mendapat green light (lampu hijau). Laga-laga berikutnya Insya Allah aman," kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono dalam rilisnya kepada wartawan malam ini.

Klub-klub yang akan bertarung di pentas ISL memang sempat khawatir akibat tak kunjung terbitnya izin keramaian dari pihak kepolisian. Padahal sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah memberi izin bagi PT Liga untuk menggulirkan ISL 2012-13.

Siang tadi, pemerintah melalui Plt Menpora, Agung Laksono sempat menyatakan tidak akan mengeluarkan rekomendasi terhadap ISL maupun Indonesian Premier League (IPL). Meski demikian, pemerintah juga tidak melarang kedua kompetisi itu digulirkan. Menurut Agung, ada tiga syarat yang perlu dipenuhi sebelum pemerintah mengeluarkan rekomendasi bagi penyelenggaraan kedua kompetisi tersebut.
"Kami dari liga sudah berkoordinasi dengan ketua harian BOPI dan pihak kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora). Langkah selanjutnya, kami menyiapkan proposal yang mengakomodir tiga poin yang sudah dipaparkan oleh Plt Menpora, Agung Laksono," ujar Joko.

"Soal pelunasan pembayaran gaji pemain dan pelatih yang tertunda sebenarnya sudah dilakukan sejak Oktober 2012. Dan ini terus berlanjut hingga kini, jadi bukan hal baru bagi kami," beber Joko.

ISL akan bergulir mulai besok, Sabtu, 5 Januari 2013. Partai pembuka akan mempertemukan juara bertahan Sriwijaya FC melawan tamunya, Persiba Balikpapan, di Stadion Jakabaring, Palembang. Di laga lainnya, akan bertemu Pelita Bandung Raya melawan Barito Putra. Duel ini akan digelar di Stadion si Jalak Harupat, Bandung. (sj)