Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Tinggi Besar dan Panjang , Lionel Djebi Zadi Optimis direkrut SFC

Lionel Djebi Zadi, stoper asal Perancis yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba di Palembang, kemarin sore. Meski baru pertama kali menjejakkan kaki di Indonesia, Lionel mengaku sudah siap beradaptasi dengan cuaca panas. Bahkan pria dengan postur tinggi 190 centimeter dan berat 90 kilogram sangat optimis akan direkrut Sriwijaya FC pada musim ini. Untuk itu dirinya akan berusaha semaksimal mungkin dalam setiap sesi latihan.
“Saya tidak mempermasalahkan cuaca panas di Indonesia. Saya juga pernah merasakan suhu 35 derajat celcius. Saya yakin bisa bergabung dengan Sriwijaya FC,” ujar Lionel ketika dibincangi di hotel Swarna Dwipa, kemarin sore.
Dilanjutkan pemain kelahiran Lyon, 20 Mei 1982 ini, dirinya dalam kondisi yang sangat bugar dan terbebas dari cedera. Lionel langsung menyanggupi untuk mengikuti sesi latihan di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Senin (22/10) sore.
“Dengan postur yang besar, orang pasti mengira saya pemain yang lambat. Tetapi sebenarnya saya bisa berlari cepat dan kuat dalam bertarung satu lawan satu baik itu perebutan bola atas maupun bola bawah,” kata Lionel percaya diri.
Mengenai Sriwijaya FC, Lionel mengaku telah banyak mendapat informasi dari internet maupun dari rekannya yang manta stoper Sriwijaya FC Thierry Gathuessi. “Thierry telah banyak bercerita tentang kota Palembang dan orang-orangnya yang baik. Thierry juga bilang kalau Sriwijaya FC tim yang bagus di Indonesia,” sambungnya.
Kedatangan Thierry disambut sekretaris PT SOM Faisal Mursyid. Dalam kesempatan itu Faisal menjelaskan Manajemen memberikan waktu bagi Lionel untuk menjalani proses seleksi di Sriwijaya FC.
“Secara pribadi dari penilaian pandangan pertama, Lionel tampaknya bisa diandalkan. Posturnya tinggi dan besar, sehingga sangat cocok untuk menjadi stoper. Tetapi sepenuhnya keputusan ada ditangan pelatih,” ucapnya.
Sementara pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi mengaku sangat senang dengan kehadiran Lionel. Menurutnya kehadiran pemain yang berasal dari Pantai Gading ini akan memberikan pengaruh positif.
“Tetapi saya mau lihat Lionel bermain dulu. Dan memang untuk saat ini, Lionel merupakan stoper yang diprioritaskan gabung ke Sriwijaya FC,” tegasnya.
Kekuatan dan ketangguhan Lionel, dikatakan Kas harus diuji melawan tim-tim bagus. “Selama dua minggu kedepan, Lionel akan beradaptasi dalam sesi latihan. Selanjutnya pada awal November barulah diuji dalam turnamen ujicoba Celebes Cup,” pungkasnya. (kie) 

Biodata
Nama    : Lionel Djebi Zadi
Tanggal Lahir    : 20 Mei 1982
Tempat Lahir    : Lyon, Perancis
Posisi    : Stoper
Karir
FC Luzern (Perancis)    2002/2006
SC Paderborn (Jerman)    2006/2008
Iverness CT (Skotlandia)    2008/2010
Saint Louis (Perancis)    2010/2012