Pemerintah Australia dan Timor Leste telah menyatakan kesiapannya untuk mengirimkan timnya, guna mengikuti turnamen sepak bola "Timor Sea Cup" dan "Presiden Cup 2012" yang digelar pada 5-10 November di Kupang, NTT.

"Pertandingan sepak bola persahabatan segi tiga antara Indonesia, Australia dan Timor Leste sudah pasti digelar awal November ini. Pemerintah dua negara tetangga ini sudah menyatakan kesiapannya untuk mengirim tim," kata Ketua Panitia Pelaksana kegiatan itu, Ary Moelyadi di Kupang, Jumat.

Rencana pertandingan sepak bola segi tiga memperebutkan Piala Presiden RI dan Timor Sea Cup itu digagas Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya pada Februari 2011 atau bertepatan dengan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kupang.

Gagasan yang disampaikan gubernur itu bertujuan untuk membina hubungan persahabatan antara dua negara yang berbatasan laut dan darat dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gagasan itu disambut positif presiden dan langsung meminta Kementerian Pendidikan dan Olahraga untuk menindaklanjuti rencana itu.

Ary Moelyadi mengatakan, proses menuju pelaksanaan kegiatan ini membutuhkan waktu yang cukup panjang karena berkaitan dengan urusan antarnegara.

Rencana itu baru menemukan titik terang setelah perwakilan dari dua negara yakni Brent Campbell, perwakilan dari Darwin yang akan mewakili Australia di even ini dan Filomeno Fernandez dari Timor Leste menghadiri undangan Pemerintah NTT untuk bertemu di Kupang, beberapa bulan lalu.

Terkait persiapan pelaksanaan Timor Sea Cup dan Presiden Cup, Moelyadi mengatakan, pihaknya akan berusaha berbuat yang terbaik agar berlangsung sukses.

"Kepanitiaan, maupun sarana prasarana pertandingan akan disiapkan sesuai standar yang diharapkan," ucapnya.

Untuk tim dari Timor Leste, tentu panitia sudah akan menyambutnya sejak dari perbatasan di Mota`ain.

"Kami akan kawal hingga tiba di Kupang dengan nyaman, demikian juga tim dari Darwin yang tentu akan menggunakan pesawat terbang," paparnya.

Dalam pertandingan itu, tuan rumah Indonesia akan diwakili dua tim yakni Kupang dan Papua, kata Moelyadi.