Pages

Rabu, 10 Oktober 2012

Saluran Pencernaan - Kenali Tubuhmu

Saluran pencernaan merupakan gerbang masuknya makanan sekaligus kuman ke tubuh kita. Mulai dari mulut, kerongkongan, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, dan berakhir di anus. Makanan yang masuk melalui mulut akan diproses secara mekanis dan kimiawi agar dapat dimanfaatkan oleh tubuh. 

Proses pemecah makanan menjadi bagian terkecil inilah yang disebut pencernaan, tujuannya agar makanan bisa diserap tubuh. Sedangkan yang dimaksud penyerapan berarti memindahkan zat gizi makanan dari saluran cerna ke darah agar bisa diangkut ke sel dan jaringan untuk dimanfaatkan tubuh.

Saluran pencernaan orang dewasa panjangnya kurang lebih 5 meter. Disinilah proses pencernaan makanan terjadi. Prosesnya dibagi menjadi 3 bagian yaitu penghancuran, penyerapan, dan pengeluaran sisa makanan. Penghancuran makanan terjadi di dalam mulut, yakni ketika makanan dikunyah hingga sedikit halus sebelum ditelan. Selanjutnya proses penghancuran makanan berlanjut di lambung. Penyerapan makanan berlangsung di dalam usus halus, dan sisa makanan yang tidak diserap akan dikeluarkan melalui anus.
Pencernaan yang sehat adalah pintu gerbang tumbuh kembang dan sehat secara optimal. Selain itu, pencernaan yang sehat juga membuat tubuh dapat memanfaatkan zat gizi makanan dengan baik. Tak hanya itu, daya tahan tubuh terbesar terdapat di saluran cerna. Karena itu, menjaga kesehatan saluran cerna adalah langkah tepat untuk menuju kesehatan yang prima.

Berbagai sumber, Semoga bermanfaat.