Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Listiadi : Timnas U-23 Kalah Mental dan Gak Punya jam Terbang

Timnas U-23 gagal masuk ke final turnamen Batik Cup 2012 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (20/10).  Tim Garuda Muda dijungkalkan oleh tim Persis Solo Selection lewat drama adu penalti yang berkesudahan 4-5. Timnas berkilah kekalahan itu lantaran kekuatan yang ada saat ini baru sekitar 50 persen.
Pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti karena hingga 2x 45 menit kedudukan tetap imbang 2-2.
“Hasil imbang 2-2 tadi sebenarnya sangat mengecewakan karena babak pertama kita unggul 2-0. Saya pikir ini hasil wajar karena kekuatan kita baru 50 persen. Para pemain yang kita panggil banyak yang belum bergabung,” kata Liestiadi Official, yang mewakili pelatih Timnas Aji Santoso.
Para pemain yang dimaksud adalah mereka yang berlaga di Liga Super Indonesia (LSI). Mereka diantaranya adalah Kurnia Meiga (Arema), Egi Melgiansyah (Pelita) dan sejumlah pemain naturalisasi lainnya.
“Sebenarnya kita sudah panggil mereka. Namun anda tahu sendiri, karena masalah itu (dualisme) mereka belum bisa gabung. Padahal tenaga mereka sangat penting bagi Timnas,” kata Liestiadi.
Kegagalan menembus final tersebut akan menjadi evaluasi tersendiri bagi Timnas U23. Satu diantaranya masalah mental. Sebab, meski sempat unggul 2-0 dibabak pertama, timnas malah kebobolan dua gol. Masih lagi ditambah tekanan saat adu penalti dimana  para suporter Persis Solo turut memberikan tekanan mental.
“Jam terbang mereka masih sangat minim. Malah banyak pemain yang menjadi cadangan abadi di tim mereka,” ujar Liestiadi.
Namun pertandingan tersebut juga dapat diambil nilai postifnya. Menurut Liestiadi, para pemain PON dari berbagai provinsi yang diturunkan bermain sangat bagus. Terutama mereka yang bermain di posisi bek. Sebab, selama ini Timnas selalu punya masalah di bagian lini belakang.
“Persiapan kita menuju Sea Games Desember nanti masih panjang. Turnamen ini kami jadikan pembentukan kerangka tim. Target kita selanjutnya adalah turnamen Piala Gubernur Aceh,” katanya.[bnt]