Pages

Minggu, 14 Oktober 2012

Nutrisi Penting Untuk Mata

Nutrisi Penting Untuk Mata - Tahukah Anda, untuk menjaga mata agar sehat dan bercahaya tidak cukup hanya dengan vitamin A. Mengandalkan wortel untuk kesehatan mata juga sudah dianggap kuno, konsumsi beragam buah dan sayuran sangat dianjurkan, bukan hanya yang berwarna jingga, tapi juga merah, kuning dan hijau. Berikut ini adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan mata :

Vitamin C
Vitamin C dapat mencegah hilangnya ketajaman visual, menurunkan resiko terkena katarak, dan memperlambat perkembangan AMD. Sumber vitamin C antara lain buah jeruk, jambu biji, bayam, pisang, apel, tomat, dan blewah.

Vitamin E
Melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Banyak terkandung dalam almon, kacang tanah, bayam, sawi, ubi jalar, dan pepaya.

Zinc
Berperan penting dalam mengangkut vitamin A dari hari ke retina untuk memproduksi melanin, pigmen pelindung mata. Sumber zinc antara lain udang, telur, daging sapi, lobster, susu, dan biji wijen.

Sulfur
Membantu menjaga lensa mata tetap kuat. Bisa diperoleh dari bawang putih dan sayuran keluarga kol.

Asam lemak esensial (omega-3)
Penting untuk perkembangan visual yang baik dan fungsi retina, membantu memelihara sistem saraf mata, dan memberi energi bagi sel-sel dan meningkatkan sistem imun. Sumber omega-3 antara lain kedelai, tahu, ikan salmon, tuna, kakap.


Berbagai sumber, semoga bermanfaat.