Pages

Kamis, 11 Oktober 2012

Kualifikasi AFF CUP 2012 : Timor Leste menggila , Depak Myanmar dari puncak Klasemen




Tampil menggila, Timor Leste mendepak Myanmar dari puncak klasemen sementara babak kualifikasi Piala AFF 2012. Sama-sama mendulang enam poin dengan tuan rumah, Timor Leste berhak berada di puncak klasemen sementara setelah unggul produktivitas gol. Dari enam laga yang sudah dilahap Timor Leste, negara pecahan Indonesia ini mampu mengoleksi sembilan gol, sedang Myanmar hanya mampu sepertiganya dari dua laga yang sudah mereka jalani.
Trio Timor Leste yakni Adelino Trindade,  Alan Leandro, dan Murilo de Almeida bertengger di puncak topskorer dengan masing-masing tiga gol. “Hal yang sangat penting untuk sepakbola di Timor Leste adalah lolos ke putaran berikutnya. Kami belum pernah memenangkan satu pun pertandingan dalam tiga babak kualifikasi sebelumnya. Tapi sekarang, kami telah memenangkan dua pertandingan. Kami tinggal mempersiapkan tim di pertandingan terakhir untuk memastikan lolos,” ujar Emerson Alcantara, pelatih kepala Timor Leste.
Hasil ini kian memperkeras tingkat persaingan perebutan dua tiket ke Piala AFF 2012. Timor Leste yang sedang di atas angin, berkesempatan istirahat lebih banyak sebelum menatap laga pamungkas menghadapi Brunei Darussalam, Sabtu (13/10).
Kendati tergeser dari puncak klasemen sementara, dengan dua laga sisa, Myanmar berpeluang mengambil alih kembali puncak klasemen Sementara. Laga ketiga tuan rumah akan menghadapi Kamboja di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis (11/10)
Sedang Brunei yang saat ini masih tersangkut di posisi ketiga klasemen sementara dengan poin tiga dan sisa dua laga, membutuhkan kemenangan mutlak saat menghadapi Laos di tempat sama, sebelum duel Myanmar versus Kamboja.
Setelah menundukkan Kamboja 3-2 dalam laga kedua, Selasa (9/10), jika kemenangan atas Laos mampu dilanjutkan Brunei, maka laga pamungkas kontra Timor Leste bakal lebih mudah bagi negara yang belum genap dua tahun lepas dari cengkeraman sanksi FIFA tersebut.
Nantinya, juara di fase kualifikasi ini secara otomatis masuk Grup A bersama  Thailand, Vietnam, dan Filipina. Sedangkan runner up masuk Grup B bersama Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Babak puncak Piala AFF 2012, digulirkan di Thailand dan Malaysia dari 24 November - 22 Desember mendatang. wis