Pages

Sabtu, 27 Oktober 2012

Inilah nama skuad Timnas KPSI yang didaftarin ke AFF

Konflik antara PSSI kubu Djohar dan KPSI-ISL terkait timnas dipastikan semakin pelik. Itu setelah pihak KPSI-ISL mendaftarkan 35 nama pemain untuk tampil di piala AFF 2012 November mendatang.

Dalam rilis yang dikirimkan oleh KPSI-ISL kepada wartawan kemarin (26/10), sikap tersebut diambil setelah mengetahui PSSI Djohar mengirimkan nama 35 pemain. Padahal, sebelumnya sudah ada kesepakatan untuk mendapatkan solusi terbaik terkait adanya dua kubu timnas. Bahkan, ada wacana untuk mempertemukan pelatih kedua timnas, Nilmaizar dan Alfred Riedl.

Anggota Joint Committee (JC) dari kubu KPSI-ISL, Hinca Panjaitan menyebut bahwa pihaknya berusaha melakukan komunikasi yang intens dengan ketua JC Todung Mulya Lubis. Namun, usaha mencari solusi bersama tersebut tak membuahkan hasil.

"Setelah kami melakukan komunikasi, mereka ternyata menyerahkan daftar timnya ke AFF. Karena deadline, dan tidak ada titik terang, maka kami daftarkan pemain dengan pelatih Alfred Riedl," ucapnya.

Ke-35 pemain yang didaftarkan oleh KPSI-ISL ini menurut Hinca adalah tim terbaik yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Karena itu, dia mendaftarkan nama-nama tersebut agar Indonesia bisa diwakili oleh tim yang kuat di ajang dua tahunan tersebut.

Kendati demikian, Hinca menyebut keputusan tetap ada di tangan AFF sebagai penyelenggara. Karena itu, lanjut Hinca, PSSI hasil KLB yang digealr oleh KPSI akan memantau terus perkembangan tentang timnas.

"Apapun keputusan AFF, ini akan menjadi salah satu hal penting yang akan disikapi PSSI pada Kongres bulan November mendatang," terang lelaki yang menjabat sebagai lawyer tersebut.

Sementara itu, dalam daftar nama yang dikirimkan ke AFF, Riedl juga memasukkan beberapa nama pemain yang merumput di Indonesia Premier League (IPL). Beberapa pemain tersebut adalah Irfan Bachdim, Endra Prasetya, "Novan Setya, Diego Michiels, dan Andik Vermansyah .

"Saya percaya bahwa ada beberapa klub besar di kompetisi IPL dan ada pemain-pemain potensial. Oleh sebab itu saya memilih beberapa nama dari IPL," tutur Riedl.

Langkah KPSI ini besar kemungkinan akan sia-sia. Sebab, AFF telah memberikan pernyataan bahwa hanya akan menerima timnas yang direkomendasikan oleh PSSI. Ketua umum PSSI Djohar Arifin usai rapat di AFF pekan lalu menyampaikan kabar tersebut. "AFF hanya akan menerima tim dari PSSI. Mereka memberikan support dan sepakat untuk mendukung PSSI."

"Namun, melihat komposisi pemain yang dibawa, jika mengikuti aturan AFF bahwa harus menyertakan tim terbaik, peluang tim KPSI-ISL cukup besar. Sebab, sebagaian besar nama yang sempat menajdi finalis di ajang piala AFF 2010 lalu ada di tim KPSI-ISL. (aam)

Nama Timnas KPSI-ISL
  1. Abdul Rahman
  2. Zulkifli Syukur
  3. Beny Wahyudi
  4. Eka Ramdani
  5. Ferdinan Alfred
  6. Feri Rotin Sulu
  7. Firman Utina
  8. Hamkah Hamsah
  9. Hasim Kipuw
  10. I Made Wirawan
  11. Jajang Sukmara
  12. Kurnia Meiga Hermansyah
  13. Muhamad Roby
  14. Muhammad Ridwan
  15. Patrich Steeve Wanggai
  16. Rizki Ramdani Lestaluhu
  17. Richardo Salampessy
  18. Yohanes Ferinando Pahabol
  19. Zulham Malik Zamrun
  20. Supardi Nasir Bujang
  21. Ponaryo Astaman Santoso
  22. Alfaro Gonzales Christian Gerard
  23. Bambang Pamungkas
  24. Greg Nwokolo
  25. Egi Melgiansyah
  26. Ahmad Bustomi
  27. Victor Chukwuekezie Igbonefo
  28. Irfan Haarys Bachdim
  29. Oktovianus Maniani
  30. Diego Michiels
  31. Novan Setya Sasongko
  32. Hendra Prasetya Suprapto
  33. Andik Vermansyah
  34. Andritany Ardhiyasa
  35. Stefano Lilipaly