Pages

Rabu, 13 Februari 2013

Pelatih Persija : Kata Peter White, di Indonesia Cuma Boaz Salossa Pemain yang Punya daya Juang

Nama mantan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Peter Withe, memberikan banyak kenangan bagi Iwan Setiawan. Juru ramu Persija Jakarta ini menilai, jika dirinya banyak mendapat pelajaran berharga dari pelatih asal Inggris tersebut.

Withe adalah pelatih timnas Garuda pada periode 2004 sampai 2007. Tidak ada memang satu pun gelar juara yang diberikan bagi Indonesia selama dibesutnya. Adapun satu-satunya prestasi tertinggi yang torehkan pelatih kelahiran Liverpool itu adalah, membawa timnas Indonesia meraih medali perak pada SEA Games 2004.

"Dia pelatih hebat, walau memang dipandang kurang berhasil saat menukangi timnas Indonesia. Tapi dia banyak memberikan hal-hal baru bagi sepak bola Indonesia" ungkap Iwan.

Ada satu hal yang paling diingat Iwan terkait Withe. Menurut penuturannya, pelatih yang mampu mengantar Thailand meraih medali emas pada SEA Games 2000 dan 2002 sempat menilai jika banyak pemain Indonesia tidak memiliki daya juang yang tinggi saat beradu kemampuan dengan para pemain lawan.

"Saya sempat kaget ketika Withe mengatakan pemain kita kurang garang di lapangan. Dia bilang jarang sekali ada pemain kita yang berani melakukan penetrasi jika memiliki peluang. Hanya sedikit pemain yang seperti itu. Dan jika ada dia menyebutkan hanya Boaz (Salossa) penyerang Persipura Jayapura," jelas Iwan.