Pages

Selasa, 05 Februari 2013

Terganjal Izin FIFA , Raphael Maitimlo Batal Bela Timnas

Pemain naturalisasi asal Belanda Raphael Maitimo hampir dipastikan batal memperkuat timnas Indonesia di laga perdana melawan Irak di ajang Kualifikasi Piala Asia 2015.
Dalam laga yang bakal digelar di Sadion Al-Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (6/2/2013) besok itu, Raphael batal tampil karena terganjal persoalan administrasi.
PSSI sendiri enggan merinci apa penyebab terhambatnya Maitimo tampil melawan Irak. Namun, Penanggung Jawab Timnas Bernhard Limbong telah pasrah menanti klarifikasi FIFA agar Maitimo bisa ditampilkan.
"Maitimo mungkin tidak bisa main, karena dia ada catatan kemarin main di Belanda. Sekarang kita perlu klarifikasi dari FIFA," ujar Limbong dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Selasa (5/2/2013).
Sebelumnya, Federasi Sepakbola Belanda KNVB sempat menyurati PSSI menjelaskan status Raphael Maitimo. Disebutkan belum pernah bermain untuk Timnas Senior Belanda, namun pemain berdarah separuh Jawa itu pernah membela Timnas Belanda U-16.
"Surat-surat Maitimo sudah lengkap, tapi kita akan menunggu klarifikasi dari FIFA sampai jam 6 sore nanti (Waktu Yordania). Kalau belum ada klarifikasi dari FIFA terpaksa kita gigit jari lagi tidak bisa memainkan Maitimo," katanya pasrah.
Jika Maitimo lolos klarifikasi FIFA, rencananya dia akan dipasang sebagai gelandang bertahan. Posisi sebelumnya yang diisi dia, yakni bek kanan akan diiisi Stevie Bonsapia.
"Saya dapat informasi dari Nil (Maizar, pelatih Timnas), posisi Maitimo akan diisi pemain lain. Kita kan membawa 23 pemain ke Dubai," kata Limbong.(dg)