Pages

Minggu, 17 Februari 2013

Menpora Berharap BTN Independen

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo siap mendukung kinerja Badan Tim Nasional (BTN) untuk menengahi polemik sepakbola Indonesia. Langkah yang diambil membentuk BTN mendapat dukungan dari sang menteri, dengan syarat harus benar-benar independen.
“Soal pembentukan Timnas, ada ide melalui Badan Tim Nasional untuk pemain-pemain Timnas. Untuk ini pemerintah ngikut saja. Gak masalah soal nama BTN atau apalah, yang jelas itu harus independen,” ungkap Menpora saat berkunjung di Solo, Sabtu (16/2) sore.
Menanggapi adanya BTN, Roy mengaku sudah mendengar langsung respon positif dari kubu KPSI. Namun ia belum mengetahui tanggapan dari PSSI terkait pemain-pemain bentukan BTN. Untuk itu, Roy berharap PSSI maupun internalnya bisa segera memberikan jawaban agar Timnas dapat segera tertangani dengan baik.
“KPSI setuju-setuju saja dan Pak La Nyalla (Ketua Umum KPSI) berjanji mengirmkan pemain-pemain terbaiknya. Sekarang hanya tinggal menunggu kesanggupan dari PSSI dan internalnya lewat Pak Bob Hippy, apakah menyetujui gagasan ini atau tidak,” urai Roy.
Menanggapi kapan waktu yang tepat untuk BTN dalam memulai kinerja, Roy berharap dapat terlaksana pada awal bulan Maret mendatang. Prestasi jeblok Timnas Indonesia dengan menduduki peringkat 163 dari 207 negara, jelas menjadi pedoman segera adanya penyelematan. Dirinya juga menjelaskan FIFA dan AFC mendukung upaya tersebut, agar Indonesia terhindar dari sanksi pada 30 Maret nanti.
“Pemerintah tidak perlu berada di depan, tapi mendukung upaya BTN. 23 Maret melawan Arab Saudi jadi awal bulan Maret harus sudah jelas soal Timnas,” pungkasnya.(ds)