Pages

Selasa, 05 Februari 2013

Roy Suryo : Klub Terkenal semua ada di ISL , di IPL klub Kloningan , Tapi ISL tetap Harus Serahkan Pemain ke timnas ,....

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, memberi klarifikasi mengenai wacana pembubaran Liga Super Indonesia (ISL). Roy menegaskan hanya akan membubarkan ISL jika tidak menjalankan dua syarat.

Selasa 5 Februari 2013, Roy menjelaskan masalah rencana membubarkan ISL. Roy menegaskan hal itu hanya akan dilakukan jika pihak ISL, yang berada di bawah PSSI versi KLB Ancol, tidak melepas pemainnya membela Timnas.

Roy memberi batas waktu bagi klub-klub ISL untuk melepas pemainnya ke Timnas saat Indonesia menghadapi Arab Saudi pada laga kedua Grup C Pra Piala Asia 2015, 23 Maret 2013.

"Meski klub-klub terkenal ada di ISL, dan klub-klub kloningan ada di IPL, namun jika ISL berjalan dengan membuat Timnas melawan Arab Saudi terkendala, saya tidak akan ragu-ragu menindak klub-klub dan liga ISL. Jadi, bukan serta-merta membubarkan ISL," ujar Roy.

"Kalau Timnas sesuai kesepakatan, pemain-pemain ISL boleh bermain di timnas, saya tidak akan ganggu ISL. Kalau ada keberatan, masih menghambat Timnas, yang ini yang mungkin harus hilang. Kuncinya di situ," sambungnya.

Syarat lain yang diberikan Roy bagi klub-klub ISL adalah penyelesaian gaji pemain. "Saya sudah memiliki data mengenai pemain-pemain yang belum mendapatkan hak gajinya. Berapa persen yang sudah dibayarkan, dan yang belum," papar Roy.

Roy juga mengatakan ISL baru akan bisa dibubarkan jika Indonesia Premier League (IPL) arahan PSSI Djohar Arifin Johar berjalan. Rencananya IPL akan bergulir 10 Februari 2013.

"Ketika bertemu Pak Djohar kemarin, saya bertanya kapan IPL dijalankan? Maka akan kita lihat, ramai atau tidak, memuaskan masyarakat atau tidak. Karena tidak fair jika saya membubarkan liga yang ramai, tanpa kita tidak punya saluran. Tapi, kita lihat dulu salurannya, kalau salurannya tidak lancar, saya juga akan melihat reaksi masyarakat bagaimana ISL," ucap Roy.

"Klub-klub IPL juga banyak pemain yang belum dibayar. Belum dimulai saja sudah begitu. Yang paling bagus harus satu liga, lebur pemain dulu, atau satu liga itu tidak jalan. Bisa saja IPL tidak jalan. Tapi, pasti saya akan beri rekomendasi kepada IPL," sambungnya. (sj)