Pages

Rabu, 16 November 2011

Sindrom Patah Hati Sering Dialami Oleh Wanita

Ilustrasi : Patah Hati
Shear Blog - Kehilangan seseorang yang dicintai bisa menyebabkan seorang wanita mengalami kesedihan terlalu lama. Kondisi tersebut akan memicu gejala mirip serangan jantung atau disebut juga sindrom patah hati. Sindrom yang disebut Tokotsubo cardiomyopathy ini pertama kali dikenali oleh dokter di Jepang sekitar tahun 1990.

Sindrom tersebut terjadi ketika ada kejutan besar, termasuk saat mendengar kabar gembira seperti menang hadiah uang 1 milliar. Kejutan yang menimbulkan shock itu memicu adrenalin dan stres hormon lainnya sehingga jantung memompa bilik utama seperti balon dan mendadak tidak bisa bekerja baik.  

Dalam penelitian terungkap hal itu bisa mengubah ritme jantung dan substansi darah yang mirip dengan kejadian serangan jantung tetapi tanpa ada sumbatan pembuluh darah. Mayoritas penderita akan sembuh dalam seminggu tetapi pada kasus yang jarang bisa berakibat fatal.

Yang menarik adalah kondisi tersebut paling sering dialami oleh perempuan dibanding laki-laki. Para ahli mengatakan sindrom ini mungkin dipengaruhi oleh hormon. Alasan lain karena pria memiliki lebih banyak reseptor adrenalin di sel jantung dibandingkan wanita.

Sumber : kompas.com