Pages

Senin, 07 November 2011

Micavibrio Aeruginosavorus, Bakteri Penghisap Bakteri

Bakteri "vampire" (kuning) menempel pada bakteri (ungu)
Shear Blog - Micavibrio aeruginosavorus, atau disebut juga bakteri "vampire" adalah sejenis bakteri yang hidup dengan menghisap nutrisi dari bakteri lain. Bakteri ini pertama kali ditemukan 30 tahun lalu di instalasi pembuangan limbah. Bakteri ini tidak punya gen yang mengendalikan proses transportasi nutrisi dari dalam ke luar sel. Nutrisi harus didapatkan langsung dari bakteri lain (harus memangsa bakteri lain dan menghisap nutrisinya).

Peneliti menemukan bahwa bakteri vampire memiliki gen yang membantu bakteri memproduksi senyawa untuk melekatkan diri ke bakteri lain. Gen itu mengendalikan proses transportasi nutrisi dari bakteri yang dimangsa ke dalam sel Micavibrio aeruginosavorus. Ketika bakteri vampire melekat ke mangsanya, gen tersebut akan diaktifkan, membangun semacam jembatan antara dua sel. Saat jembatan terbangun inilah nutrisi dari bakteri yang dimangsa akan mengalir ke dalam sel bakteri vampire.

Micavibrio aeruginosavorus dikatakan mampu memangsa banyak jenis bakteri. Dengan demikian, bakteri itu bisa dimanfaatkan untuk membunuh bakteri lain yang berbahaya dan menimbulkan penyakit, misalnya, dimanfaatkan sebagai antibiotik hidup.

Sumber : Kompas.com