Pages

Sabtu, 12 November 2011

Nano-SIM, Teknologi SIM Card Ukuran Mini

Ilustrasi
Shear Blog - Perusahaan asal Jerman, Giesecke & Devrient (G&D), mengumumkan sebuah teknologi yang diberi nama nano-SIM. Nano-SIM memiliki ukuran sekitar 12 x 9 mm (kurang lebih setengah inchi) atau hanya 30 persen dari ukuran micro-SIM yang digunakan pada iPhone 4 dan iPad. Nano-SIM merupakan SIM Card terkecil selama 20 tahun terakhir.

Nano-SIM lebih tipis 15% dan 60% lebih kecil dibandingkan dengan ukuran SIM card yang ada saat ini. Dengan ukuran SIM Card yang lebih mini, produsen ponsel bisa membuat desain untuk mencakup hal-hal lain ke dalam ponsel. Mulai dari memori, baterai hingga fitur tambahan lain. G&D berharap tahun 2012 sudah ada ponsel yang menggunakan nano-SIM.

G&D telah mengirimkan sampel nano-SIM ke beberapa operator telekomunikasi. Nano-SIM bisa dipakai di ponsel yang ada saat ini dengan bantuan adapter. SIM Card ini akan dipamerkan dalam pameran Cartes & Identification 2011, 15 November 2011 di Paris. Dan diharapkan bisa meraih standardisasi European Telecommunications Standards Institute (ETSI) pada akhir 2011.

Apple dikatakan ikut berperan dalam pengembangan nano-SIM. Bahkan, pada Mei 2011, Apple sudah mengajukan rencana menggunakan SIM Card yang lebih kecil dari sekarang. Mungkinkah nano-SIM dipakai di iPhone yang akan datang?

Sumber : Kompas.com