Pages

Jumat, 25 November 2011

Prasasti ke-2 Milik Bangsa Maya Berisi Ramalan Kiamat 2012 (???)

Situs Comalcalco di Meksiko
Shear Blog - Menurut ramalan bangsa Maya, kiamat akan terjadi pada akhir tahun 2012. Tanggal tersebut diketahui dari kalender bangsa Maya yang berbentuk lingkaran yang berisi kombinasi posisi hari dan bulan yang berulang tiap 52 tahun. Tanggal yang tertera di prasasti terkait dengan akhir Baktun (periode tiap 394 tahun) ke-13. Angka 13 ialah angka keramat dalam pandangan Suku Maya. Akhir Baktun ke-13, jika interpretasinya benar, akan jatuh pada 21 Desember 2012.

Baru-baru ini para ilmuwan telah menemukan sebuah prasasti Suku Maya yang memperkuat ramalan akan terjadinya kiamat pada 2012. Prasasti itu ditemukan beberapa tahun lalu di situs Comalcalco, sebelah barat Tabasco. Prasasti Comalcalco berbahan bata merah sehingga disebut Bata Comalcalco. Prasasti itu telah menjadi perbincangan di kalangan ilmuwan akhir-akhir ini. Ada ilmuwan yang mengatakan bahwa teks pada prasasti itu merujuk hari kiamat pada tanggal 21 Desember 2012. Namun, ada pula yang mengatakan 23 Desember 2012. Masih belum jelas.

Para ilmuwan pernah menemukan prasasti Suku Maya di situs Tortuguero di teluk Tabasco yang sempat menggegerkan dunia karena prasasti itu berisi ramalan terjadinya kiamat pada 2012. Selama ini prasasti  Tortuguero menjadi satu-satunya referensi tentang ramalan kiamat 2012.

Menurut salah satu ilmuwan, prasasti tersebut mendeskripsikan peristiwa di masa lalu. Di samping itu, huruf ketiga pada prasasti sepertinya merujuk pada kata kerja huli, 'Dia datang'. Tak ada penanda masa depan, berarti bahwa tanggal di Comalcalco lebih berupa sejarah daripada masa depan

Apakah benar akan ada kiamat pada 2012? Jawabnya, tak ada yang tahu. Tapi National Institute of Antropology and History telah lama menyatakan bahwa kiamat 2012 yang dikaitkan dengan Suku Maya adalah interpretasi yang kurang tepat. Suku Maya memandang dunia sebagai sebuah siklus, berawal dan berakhir secara berkala, bukan seperti pandangan awam bahwa dunia nantinya akan benar-benar berakhir. 

(Ramalan hanyalah ramalan, kita tunggu saja apa yang terjadi pada hari "H"-nya nanti ^_^ )

Sumber : Kompas.com