Pages

Jumat, 25 November 2011

Senyawa PD 404, 182 Bisa Membunuh Virus HIV Penyebab AIDS

Virus HIV
Shear Blog - Sebuah senyawa kecil yang bersifat virusidal (punya kemampuan membunuh virus) telah ditemukan oleh Zhilei Chen, asisten profesor di A&M University di Texas yang berkolaborasi dengan Scripps Research Institute, senyawa ini diberi kode PD 404, 182. Senyawa ini bisa membunuh virus HIV penyebab AIDS. Penemuannya dipublikasikan di jurnal American Society of Microbiology bulan ini.

Saat virus HIV melakukan kontak dengan PD 404, 182 virus langsung rusak dan kehilangan material genetiknya. Dalam hal ini, virus 'terlarut' dan RNA-nya (material genetik HIV) terpapar. Karena RNA tak stabil, sekali terpapar akan hilang dengan cepat dan virus tak bisa menginfeksi. Dan yang paling mengejutkan, senyawa ini menyerang langsung bagian dalam virus, sehingga virus akan mengalami kesulitan untuk ber-evolusi mengembangkan resistansi (kekebalan).
Sebenarnya penemuan bahwa senyawa ini bisa membunuh virus HIV terjadi karena ketidak sengajaan. Mulanya senyawa ini diuji untuk melawan virus hepatitis C. Tetpi saat Chen mencobanya pada virus HIV ternyata senyawa bekerja jauh lebih efektif.

Dengan penemuan ini, Chen yakin bahwa senyawa tersebut bisa dikembangkan untuk upaya preventif, misalnya dalam bentuk gel vagina yang berguna mencegah infeksi HIV lewat hubungan seksual. Chen membuktikan bahwa ketika kontak dengan cairan vagina, senyawa ini akan tetap efektif.

Karena menyerang bagian dalam kapsul virus, bukan membrannya, Chen juga yakin senyawa ini aman dipakai manusia. Mayoritas senyawa virusidal bekerja pada membran luar kapsul virus yang karakteristiknya hampir serupa dengan membran sel manusia sehingga bisa merusak. 

Sumber : kompas.com