Pages

Selasa, 22 November 2011

Penyakit Jantung Bawaan Bayi Bisa Dideteksi Lewat USG

Shear Blog - Patent Ductus Arteriosus (PDA) biasa disebut penyakit jantung bawaan pada bayi. PDA adalah pembuluh darah yang menghubungkan pembuluh nadi utama aorta dan pembuluh nadi paru-paru yang keluar dari jantung. Seharusnya pembuluh ini menutup dengan sendirinya pada waktu bayi lahir. Oleh karena pembuluh darahnya tetap terbuka, aliran darah dari aorta mengalir ke paru-paru sehingga darah membanjiri paru-paru.

Penyakit ini diderita sekitar satu persen dari jumlah kelahiran hidup dan sebagian besarnya harus dioperasi. Penyakit ini sudah dapat dideteksi melalui USG sejak bayi berusia 20 minggu di kandungan. Pada bayi penyakit ini bisa dikenali dari sejumlah gejala, misalnya lekas letih, ada gangguan tumbuh kembang, sering panas dan batuk, ada gangguan atau sering berhenti saat menyusu ibunya untuk bernapas. Gejala khas lainnya adalah biru pada ujung kuku-kuku dan lidah. Meski begitu ada juga yang tidak bergejala biru.

Saat ini sudah ada tindakan operasi nonbedah untuk penyakit jantung bawaan, tergantung pada jenisnya. Caranya dengan memasukkan kateter dari lipatan paha sampai jantung. Di jantung akan diletakkan alat seperti payung atau per untuk menutup lubang di serambi. Risiko bayi menderita penyakit jantung bawaan meningkat jika ibu hamil punya kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan memiliki riwayat penyakit ini dalam keluarga.

Sumber : Kompas Health