Shear Blog - Hasil riset memperlihatkan bahwa pertumbuhan penggunaan Internet di  Indonesia terus meningkat. Jika di tahun 2010 lalu rata-rata penetrasi  penggunaan Internet di kota urban Indonesia masih 30-35 persen, di tahun  2011 ini ditemukan oleh MarkPlus Insight bahwa angkanya sudah di  kisaran 40-45 persen.
Hasil riset, yang dirilis oleh Majalah  Marketeers ini, dilakukan oleh MarkPlus Insight terhadap 2161 pengguna  Internet di Indonesia memberikan gambaran jelas mengenai tren penggunaan  Internet di Indonesia. Menurut MarkPlus Insight, jumlah pengguna  Internet di Indonesia pada tahun 2011 ini sudah mencapai 55 juta orang,  meningkat dari tahun sebelumnya di angka 42 juta.
Studi terhadap  urban netizen di Indonesia ini dilakukan pada bulan Agustus – September  2011 di 11 kota besar antara lain Jakarta, Bodetabek, Surabaya, Bandung,  Semarang, Medan, Makassar, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, dan  Banjarmasin.
Mereka yang diriset adalah pengguna Internet, usia  15-64 dari SES ABC dan menggunakan Internet lebih dari 3 jam sehari.  Satu yang diangkat menjadi payung utama dalam riset tahun ini adalah  mengenai nilai-nilai, perilaku dan gaya hidup para pengguna Internet di  Indonesia.
Angka pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia masih  didominasi oleh anak muda dari kelompok umur 15-30 tahun. Di  masing-masing kota yang disurvei oleh MarkPlus Insight, sekitar 50  persen hingga 80 persen dari pengguna Internet merupakan kaum muda. 
Dari  riset ini terkuak pula pertumbuhan jual/beli online sebesar 100 persen  pada tahun 2011 dibanding tahun 2010. Seperempat pengguna Internet  memiliki alat untuk melakukan e-payment. Di antara alat yang  tersedia, SMS dan Internet banking menjadi yang paling populer. Internet  banking didominasi oleh dua bank yaitu Bank Mandiri yang kuat di luar  Jawa dan Bank BCA di pulau Jawa.
Tren meningkatnya penggunaan   Internet Banking  di Indonesia dapat pula dilihat dari  trafik  pengunjung ke KlikBCA.com dan bankmandiri.co.id yang kini berada di  peringkat 15 dan 28 website terpopuler di Indonesia menurut Alexa.com.
Riset  Netizen 2011  oleh MarkPlus Insight ini juga  memberikan indikasi   bahwa  rata-rata pengguna Internet di Indonesia mengakses melalui smartphone dan notebook.
Dari  sini juga terkuak bahwa mayoritas pengguna Internet aktif di Indonesia  mengganti ponsel mereka dalam satu tahun belakangan, dengan alasan yang  sifatnya emosional antara lain karena ingin mengikuti model terbaru,  mengikuti tren sosial, atau bahkan sekedar menambah koleksi. 
Penetrasi  mobile Internet di Indonesia saat ini sebesar 57 persen. Dari segi  jumlah populasi, data dari MarkPlus Insight mengatakan bahwa saat ini  ada 29 juta mobile Internet user di Indonesia. Dengan maraknya gadget baru yang berkembang dan ditunjang pula oleh semakin terjangkaunya harga paket mobile  Internet yang ditawarkan oleh operator seluler, angka ini meningkat  sebesar hampir 100 persen dari tahun sebelumnya yaitu 16 juta orang. 
Angka populasi pengguna mobile Internet di Indonesia menurut  riset  MarkPlus Insight  ini tidak menghitung berapa besaran  jumlah gadget  yang aktif terhubung dengan Internet. Di riset ini juga terkuak bahwa  rata-rata netizen di Indonesia punya gadget lebih dari satu yang  terkonek dengan Internet. 
Sumber : KOMPAS tekno






 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Postingan
Postingan
 
