Pages

Senin, 11 Maret 2013

Inilah Bahasa Indonesia yang diketahui Luis Manuel Blanco

Pelatih asal Argentina, Luis Manuel Blanco, mencoba belajar bahasa Indonesia, untuk mengatasi kendala bahasa yang dialaminya selama melatih timnas Indonesia.
Selama ini, saat melatih di timnas Indonesia, mantan pemain Boca Juniors itu menggunakan jasa penerjemah. Felisianus Fredy menjadi penerjemah yang membantu menerjemahkan bahasa Spanyol yang diucapkan oleh Blanco ke dalam bahasa Indonesia.
"Saya kini mencoba belajar bahasa Indonesia. Saya belajar langsung dari Fredy," ujar Blanco saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Selasa (12/3/2013).

Menurut Blanco, secara perlahan dia sudah mulai bisa berbicara bahasa Indonesia. Kata demi kata coba diucapkan Blanco, meskipun dengan terbata-bata. Kata yang diucapkannya itu coba dilafalkannya kepada para pemain, saat ia memberikan instruksi.
"Lihat, lari, mundur, instruksi, keluar, masuk," merupakan beberapa kata di dalam bahasa Indonesia yang coba diucapkannya saat melatih di timnas.
Sementara itu pemain naturalisasi asal Belanda, Stefano Lilipaly, mengaku memaklumi kendala bahasa yang dialami oleh Blanco. Menurutnya, sepakbola adalah bahasa yang universal.
"Kami tidak mempermasalahkan kendala bahasa yang dialami oleh pelatih. Kami sama-sama berlatih serta memajukan bangsa Indonesia," katanya.(sf)