Shear Blog - Laporan perdana mengenai konsumen digital di Asia Tenggara atau Nielsen South East Asia Digital Consumer Report memuat kekalahan waktu online konsumen digital Indonesia dari Vietnam. Di Indonesia, konsumen digital hanya menghabiskan rata-rata 14 jam dalam seminggu untuk online dibanding konsumen digital di Vietnam yang menghabiskan waktu rata-rata 16 jam per hari.
Hal ini disebabkan karena di Vietnam ada lebih banyak pusat perbelanjaan dan kafe yang menyediakan fasilitas wifi dan hotspot. Itu memberi akses lebih kepada konsumen Vietnam untuk menggunakan internet sambil belanja atau ngopi.
Sementara posisi teratas di Asia Tenggara ditempati oleh Singapura dengan rata-rata 25 jam per minggu untuk online, diikuti oleh Filipina dengan 22 jam, lalu Malaysia dengan 20 jam. Kini, 20 persen penduduk Indonesia di atas usia 15 tahun juga sudah terkoneksi dengan internet. Adapun di Singapura, 67 persen dari penduduk berusia di atas 15 tahun sudah terkoneksi dengan internet.
Sumber : Kompas Tekno