Pages

Selasa, 19 Maret 2013

Inilah Pemain dan pelatih Terbaik ISL bulan januari dan febuari

Tim Technical Study Group (TSG) yang dibentuk oleh PT Liga Indonesia telah menentukan pemain dan pelatih terbaik ISL 2012/13 bulan Januari-Februari 2013. Lancine Kone dari Persisam dan Alberto "Beto" Gonzalves dipilih menjadi pemain terabaik pada Januari dan Februari.
TSG merupakan bagian dari High Performance Grup (HPG), yang mempunyai tugas menganalisa secara teknis seluruh laga ISL dan menentukan pemain yang layak mendapat penghargaan. Tim tersebut terdiri dari Joppie Lepel, Yeyen Tumena, Demis Djamaoeddin, dan Tommy Welly.
“Kita melakukan diskusi secara komperehensif, dengan mempertimbangan banyak hal dalam penilaian. Untuk player of the month, kriterianya dilihat dari produktivitas gol, catatan hattrick, konsistensi permainan dalam sebulan, statistik, minute of play, handicap game, bobot lawan, dan fair play,” papar Tommy Welly di situs Liga Indonesia.
Dari hasil diskusi tersebut, Lancine Kone dipilih menjadi player of the month  usai memenangi penilaian dari Cristian Gonzales. “Dua nominasi akhir Pemain Terbaik bulan Januari, adalah Lancine Kone dan Cristian Gonzales. Di bulan itu, keduanya sama-sama mencetak 4 gol, namun Kone unggul dalam beberapa kriteria lainnya. diantaranya, Kone mampu mencetak dua gol di laga away, sedangkan gol Gonzales seluruhnya tercipta di kandang sendiri. Kone juga bersih dari hukuman Kartu Kuning,” kata komentator sepak bola tersebut.
Sementara Alberto Gonzalves menjadi pemain terbaik pada periode Februari mengungguli duetnya di Arema, Gonzales dan striker Persipura, Boaz Solossa. Untuk coach of the month Januari jatuh kepada pelatih Persisam, Sartono Anwar. Pada Februari, Rahmad Darmawan sukses menjadi pelatih terbaik.
“Ada empat kriteria utama untuk pelatih terbaik. Kita menilainya dari patron permainan, hasil pertandingan, skuad yang dimiliki dan demand of the game, seperti strategi, dan peran pelatih dalam mengubah permainan,” lanjut Tommy Welly.(af)