Pages

Kamis, 22 November 2012

Striker Indonesia Rajai Daftar Topscore Piala AFF

Meskipun belum pernah merasakan gelar juara Piala AFF, namun Indonesia mampu menorehkan prestasi tersendiri dalam turnamen yang sudah delapan kali digelar sejak 1996 tersebut.

Pemain Indonesia tampil paling banyak dalam daftar topscore turnamen tersebut. Sebut saja Gendut Doni Christiawan yang mengawali torehan pemain Indonesia di daftar topscore Piala AFF. Ia menjadi topskorer bersama dengan penyerang Thailand, Worrawoot Srimaka, dengan torehan lima gol di Piala AFF 2000.

Selain Gendut Doni, nama-nama ujung tombak Indonesia seperti Bambang Pamungkas, Ilham Jaya Kesuma dan Budi Sudarsono pernah merasakan gelar topscore tersebut. Bambang Pamungkas di tahun 2002, Ilham Jaya Kesuma tahun 2004 dan Budi Sudarsono tahun 2008.

Striker Singapura, Mohamed Noh Alam Shah alias 'Along', tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu turnamen dengan 10 gol, yang dia kemas di tahun 2007.

Penyerang yang pernah memperkuat Arema Malang dan Persib Bandung itu juga tercatat sebagai pengumpul gol terbanyak turnamen secara keseluruhan dengan 17 gol.

Dalam edisi Piala AFF yang terakhir tahun 2010, Malaysia tak hanya bisa meraih Piala AFF untuk pertama kalinya. Tim 'Harimau Malaya' juga berhasil menyabet gelar topskorer lewat Safee Sali.

Thailand menjadi pengumpul gelar topskorer terbanyak kedua setelah Indonesia dengan catatan tiga kali. Sementara itu, pemain-pemain Singapura dua kali, Myanmar dan Malaysia masing-masing baru satu kali.[cho]


Daftar Topskorer Piala AFF

1996 - Netipong Srithong-in (Thailand) - 7 gol
1998 - Myo Hlaing Win (Myanmar) - 4 gol
2000 - Gendut Doni Christiawan (Indonesia), Worrawoot Srimaka (Thailand) - 5 gol
2002 - Bambang Pamungkas (Indonesia) - 8 gol
2004 - Iham Jaya Kesuma (Indonesia) - 7 gol
2007 -Noh Alam Shah (Singapura) - 10 gol
2008 - Budi Sudarsono (Indonesia), Agu Chasmir (Singapura), Teerasil Dangda (Thailand) - 4 gol
2010 - Safee Sali (Malaysia) - 5 gol