Pages

Minggu, 23 Oktober 2011

Software Milik Ford untuk Membaca SMS Saat Berkendara

Shear Blog - Membaca SMS dan mengetik pesan saat berkendara adalah kegiatan yang sangat dilarang karena dapat menganggu pengguna jalan dan meningkatkan resiko kecelakaan sampai 23 kali lipat. Fakta ini adalah hasil penelitian pada tahun 2009 lalu. Kini perusahaan otomotif Ford menciptakan sebuah teknologi yang bisa membantu pengendara untuk membaca SMS yang diterimanya.

Ford membenamkan teknologi pembaca SMS ini pada software SYNC miliknya. Teknologi ini akan mengurangi kerepotan menerima SMS saat berkendara dengan cara membacakan SMS yang masuk. Dengan begitu pengendara bisa tetap fokus mengemudi. Saat ada SMS yang masuk, pengendara akan diberi peringatan lalu software akan membacakan SMS dengan suara lantang melalui pengeras suara.

Untuk dapat menikmati teknologi ini, pengguna harus menggunakan smartphone yang mendukung protokol Message Access Profile (MAP). Dengan protokol MAP, email, SMS dan MMS bisa ditransmisikan antar perangkat bergerak. Smartphone akan terhubung dengan menggunakan Bluetooth. Saat ini smartphone yang mendukung MAP masih terbatas, diantaranya adalah BlackBerry Curve (9300), BlackBerry Style (9670), HTC EVO 3D, HTC Sensation 4G, Motorola Atrix, Motorola Droid Bionic dan Motorola Photon.

Teknologi pembaca SMS ini tersedia pada semua mobil Ford tahun 2012 kecuali mobil Ranger. Mobil tahun 2010 bisa mengupgrade dengan mengunduh software terbaru di Ford Sync.

Sumber : National Geographic Indonesia