Pages

Senin, 24 Oktober 2011

Amuba Raksasa Hidup di Kedalaman Palung Mariana

Shear Blog - Makhluk hidup aneh serupa amuba raksasa telah ditemukan oleh para ilmuwan dari Scripps Institute of Oceanography di University California San Diego di kedalaman Palung Mariana (10,5 km di bawah permukaan laut). Makhluk aneh ini secara ilmiah disebut xenophyophores.

Menurut Lisa Levin, biolog Laut Dalam yang juga Direktur Scripps Center for Marine Biodiversity and Conservation, makhluk aneh ini sangat mengagumkan dan bisa beradaptasi pada lingkungan sangat ekstrim tetapi juga sangat rentan dan sangat sulit dipelajari.

Levin menjelaskan, xenophyophores adalah salah satu individu satu sel terbesar, kadang bisa tumbuh hingga 10 cm. Studi terkini mengindikasikan, dengan menjebak partikel dalam air, xenophyophores bisa mengakumulasikan timbal, uranium, dan merkuri sehingga dianggap resisten terhadap logam berat. Diketahui, xenophyophores sangat cocok hidup di tempat yang gelap, dingin, dan bertekanan tinggi seperti di kedalaman lautan.

Untuk bisa menemukan makhluk hidup ini, Levin bekerja sama dengan Eric Berkenpas dan Graham Wilhelm, insinyur pencitraan daerah sulit terjangkau dari National Geographic Society. Mereka menggunakan peralatan yang disebut "dropcams", terdiri dari kamera HD dan lampu yang berada di dalam bahan gelas. Peralatan ini mampu bertahan di lingkungan laut yang bertekanan tinggi. 

Sumber : KOMPAS sains