Pages

Jumat, 07 Desember 2012

Pengertian Internet



Internet mungkin bagi kamu sudah tidak asing lagi... tapi apa kamu tahu apa internet itu???
kali ini saya akan mempostingkan pengertian dari internet

Pengertian Internet
                Internet (Interconnection networking) adalah jaringan computer yang menghubungkan computer-komputer diseluruh dunia (worl wide network) sehingga terbentuk ruang maya jaringan computer (cyberspace) dimana antara satu computer lainnya dapat saling berhubungan atau berkomonikasi.

Manfaat Penggunaan Internet.
1.       Media untuk mendapatkan informasi  secara cepat dan mudah.
2.       Media untuk melakukan promosi dan  penawaran bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya.
3.       Media komonikasi interakti sperti email, facebook, chatting, mailing list, video konfrensi dan masih masih banyak lagi kegunaan dari internet.
4.       Media untuk membantu dalam kegiatan bisnis, pendidikan (e-learning), maupun sistem perdagangan secara online (e-commerce)

Bebrapa fasilitas dan layanan dari internet
1.       World wide web (www), adalah fasilitas yang member kemudahan bagi pengguna untuk melakukan browsing di internet dalam pencarian data dan informasi.
2.       Mailing list, adalah fasilitas yang digunakan oleh sekelompok pengguna untuk sarana diskusi tau tukar-menukar informasi diantara anggota lewat e-mail.
3.       E-mail,adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima  pesan dalam bentuk surat elektronik dari alamat satu ke alamat lain.
4.       Internet relay chat (IRC), atau chatting, merupakan fasilitas untuk berkomonikasi secara interaktif antara pengguna computer satu dengan lainnya yang saling terhubung dalam jaringan internet.
5.       File Tranfer Protocol (FTP), merupakan fasilitas yang member I fasilitas kemudahan bagi pengguna untuk bertukar, menyalin, dan menempatkan file, data, program yang tersimpan dalam internet.
6.       Voice Over Internet Protocol (VOIP),fasilitas untuk melakukan pembicaraan telpon melalui jaringan internet. Fasilitas ini bisa dingunakan pada jaringan skala luas maupun kecil (LAN).
7.       Ghoper, adalah fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol ghoper.  Ghoper juga menyediakan menu direktori dari subdirektori sehingga mirip dengan client-server.
8.       telnet. Adalah fasilitas untuk mengakses remote computer yang berbeda di tempat lain. Dengan menggunakan fasilitas ini maka pemakaian jarak jauh dapat menukar file antara pengguna computer dan menjalankan program yang ada pada computer tersebut. Untuk mengakses Telnet maka pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu.
9.       Hyper Text Tranfer Protocol (HTTP),merupakan fasilitas berbasis www. Dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat mengakses informasi suatu ditus yang ditulis dengan bahasa HTML yang berupa teks, gambar, animasi, suara, film dan lain-lain.
 Melalui internet kita juga bisa melakukan aktivitas untuk menjelajahi  berbagai macam fasilitas layanan dan berbagai jenis keiatan yang ada pada web tersebut. Kegiatan ini juga bsa disebut surfing.
Biasanya beberapa aktivitas surfing yang bisa dilakukan oleh pengguna seperti:
1.       Mencari layanan informasi-informasi penting yang menyangkut kegiatan pribadi.
2.       Melakukan belanja d internet.
3.       Melakukan download program dan aplikasi secara gratis.
4.       Membaca berita, artikel, makalah, dan lain-lain.
5.       Mengambil dan menyimpan informasi yan dibuthkan.


Demikian sedikit penjelasan tentang internet diatas semoga bemanfaat…..

Jangan lupa tinggalkan komentar.

Dan bagi yang copas tolong sertakan sumber. Belajar hargai jerih payah orang lain.