Pages

Jumat, 14 Desember 2012

LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA (materi ilmu sosial dasar selanjutnya)



Handout Pancasila
Disusun Oleh:
Achmad Zainullah, SH.MH

BAB I
PENDIDIKAN PANCASILA

Dalam perkembangannya hukum di Indonesia mengalami perubahan yang mendasar, salah satu perubahan tersebut adalah perubahan terhadap Undang-Undang Dasar 1945, perubahan (amandemen) dimaksud sampai empat kali:
1.    tanggal 19 Oktober 1999 mengamandemen 2 pasal,
2.    tanggal 18 Agustus 2000 mengamandemen 10 pasal.
3.    sedangkan amandemen ketiga pada tanggal 10 November 2001 sejumlah 10 pasal,
4.    dan amandemen keempat pada tanggal 10 Agustus 2002 sejumlah 10 pasal serta 3 pasal Aturan Peralihan dan Aturan Tambahan 2 pasal, apabila dilihat dari jumlah pasal pada Undang-Undang Dasar 1945 adalah berjumlah 37 pasal, akan tetapi setelah diamandemen jumlah pasalnya melebihi 37 pasal, yaitu menjadi 39 pasal hal ini terjadi karena ada pasal-pasal yang diamandemen ulang seperti pasal 6 A ayat 4, pasal 23 C.

LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA

1.    Landasan Historis
Bangsa Indonesia terbentuk melalui suatu proses sejarah yang cukup panjang sejak zaman kerajaan kutai, Sriwijaya, Majapahit sampai datangnya bangsa lain penjajah. Beratus-ratus tahun bangsa Indonesia dalam perjalanan hidupnya berjuang untuk menemukan jati dirinya sebagai suatu bangsa yang merdeka, mandiri, serta memiliki suatu prinsip yang tersimpul dalam pandangan hidup serta falsafat hidup bangsa. 

1.    Landasan Kultural
Setiap bangsa di dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara senantiasa memiliki suatu pandangan hidup, filsafat hidup serta pegangan hidup agar tidak terombang-ambing dalam kancah pergaulan masyarakat internasional. Setiap bangsa memiliki ciri khas serta pandangan hidup yang berbeda dengan bangsa lain. Negara komunisme mendasarkan ideologinya pada konsep pemikiran Karl Marx.

untuk file selengkapnya silahkan download
disini