Pages

Selasa, 11 Desember 2012

Cara Mengganti Domain blogspot ke dot TK

Ingin mempunyai Domain dot tk gratis hanya dengan syarat blog kita harus di kunjungi minimal 25 page view per 90 hari, menurut saya syarat yang tidak begitu berat. dimana lagi kita bisa mendapatkan sebuah top level domain? hanya dengan syarat seperti yang saya tulis diatas.
Cara mendaftarnya pun cukup mudah dibandingkan dengan domain co.cc silahkan pergi ke dot tk (Masuk ke halaman .tk)

berikut ini cara registrasi di domain dot tk.
Cara Registrasi domain gratis .Tk
1.Masuk Ke .tk

2. Masukan nama domain lali klik next
3.  beri tanda centang pada free domain untuk mendapatkan domain gratis anda dan klik next.
Pada tahap ini, pilih opsi “Use DNS for this domain” kemudian centang pilihan “Use my own DNS Services” .  dan pada kolom Name server, isikan dengan “ghs.google.com” ( jika kita ngehosting di blogspot, kita bisa mengeditnya nanti jika kita ingin mengarahkan servernya ke tempat ).
4.  Isi alamat email kita di kolom “Your E-mail Address” dan jangan sampai salah. Isi Karakter huruf pada kolom “Type the characters you see in this picture”. Selanjutnya klik next.


 5.  kemudian isi Nama dan Password. Password di sini digunakan untuk log in ke dot tk. lalu klik next.


6.  Anda telah melakukan registrasi baru domain gratis di.tk. silahkan verifikasi domain anda dengan meng-klik link dan memasukkan kode yang mereka berikan ke alamat email kita kemudian klik confirm. Jika tidak ada, cek pada spam email.
7.  Bila kode konfirmasi yang kita masukkan benar, maka domain baru di dot Tk yang kita registrasi ini langsung di aktifkan. Silahkan log ini dengan alamat email dan password kita untuk melakukan setting/merubah server name.
*.Setting (DNS) domain .tk ke Blogspot jika sebelumnya anda  telah memiliki blog di blogspot, dan ingin menggunakan domain dari dot tk. Maka setting dan arahkan name servernya ke blogspot (ghs.google.com).Caranya, pada panel sebelah kiri, silahkan pilih “My Domains” >> “List  my domains”.Pada halaman “List my domains”, pilih domain yang mau di setting, kemudian klik “modify”.


8.  Maka kita akan berhadapan dengan halaman setting domain, dimana terdapat tiga pilihan pengaturan yaitu :
1.Domain forwarding
2.Use Dot TK Free DNS Service
3.Use Custom DNS ServiceSilahkan pilih opsi no 2  “Use Dot TK Free DNS Service” kemudian klik “Configure” disebelah kanannya. Pada kolom “Type” terdapat 3 pilihan Record, yaitu :
  A, CNAME dan MX. Pilih :
*.Type = CNAME
*.Host Name = www.domainkita.tk ( contoh saya isi dengan www.Agungnewbi.tk)
*.IP Address = ghs.google.com


Sekarang anda hanya tinggal menyetting domain suaian anda di blogspot. caranya:

*. log in ke akun blogger anda. Pada tab “pengaturan”, Silahkan pilih “Publikasikan”. Lihat tanda panah warna merah, klik tulisan “Domain Kustom” . Kemudian, Klik tulisan “Beralihlah ke pengaturan lanjut”

Pada halaman Pengaturan lanjut seperti di bawah, isilahnama domain yang baru kita buat tadi, misalnya di sini saya isi dengan www.blogdhika.tk. Isi kolom “verifikasi kata”, terakhir, “simpan Setelan. Selesai. maka domain .tk anda sudah jadi.

domain ini sangat cepat dalam mengarahkan blog kita ke domain baru kita, jadi jika anda beruntung, maka dalam 10 menit anda akan langsung dapat mengakses domain anda dengan domain baru anda.Dengan pengaturan diatas, anda hanya bisa mengunakan domain dengan www.domain anda.tk, jika situs anda diakses tanpa menggunakan WWW, maka situs anda tidak akan terbuka. agar situs anda dapat dibuka dengan dan tanpa WWW,  

Caranya selanjutnya....

kita tambahkan lagi Type record, Tetapi kali ini bukan CNAME Record, melainkan A Record.  Lihat gambar diatas, klik “add another hostname”. Isi dengan :

    * Type = A
    * Host Name = domainkita.tk ( tanpa WWW, contoh saya isi dengan Agungnewbi.tk )
    * IP Address = 216.239.32.21

Tambahkan lagi “add another hostname” A Record dengan IP yang berbeda sebanyak 3 kali lagi. Masing-masing pada kolom IP, Isi dengan :

    * 216.239.34.21
    * 216.239.36.21
    * 216.239.38.21

or
216.239.32.21----->ganti dengan 216.239.32.10
216.239.34.21----->ganti dengan 216.239.32.10 216.239.36.21----->ganti dengan 216.239.32.10 216.239.38.21----->ganti dengan 216.239.32.10

Sehingga ada 4 setting Untuk A Record dan satu setting untuk CNAME Record



CNAME dan A Record
Gambarnya jadi ga jelas :D . Klik next aja,


Record A dan CNAME Sukses
Sampai di sini, setting DNS untuk domain dot tk yang diarahkan ke blogspot telah selesai, tinggal menunggu prosesnya kurang lebih 30 menit (bisa lebih). O ya, silahkan cek domain kita di http://network-tools.com/ untuk melihat apakah settingan DNS yang diarahkan ke blogspot sudah benar. Centang opsi “DNS Records (Advanced Tool)”, pada kolom IP isi dengan nama domain kita, misal isi dengan blogdhika.tk. Selanjutnya klik GO. Lihat parameter-parameternya di “Answer records”. Seharusnya,  IP yang tercantum disana sama dengan IP Record A yang kita masukkan pada pengaturan domain dot tk tadi.
selamat mencoba..