Pages

Jumat, 23 November 2012

Koran - Koran Malaysia Komentari gemuknya si endut van Beukering

- Adalah hal yang menarik mengintip bagaimana media lokal Malaysia membahas Piala AFF. Porsi untuk tim nasional mereka jelas lebih banyak, tapi Indonesia pun ikut dibahas melalui Jhonny van Beukering.

Setidaknya demikianlah hasil pengamatan kecil-kecilan dari beberapa koran lokal yang terbit pada Jumat (23/11/2012). Salah satu koran, yakni Kosmo!, menulis "Aksi hambar Harimau Malaya menjelang Piala Suzuki AFF 2012" pada halaman paling belakang.

Tulisan tersebut merujuk pada hasil laga ujicoba yang kurang memuaskan dari timnas Malaysia. Dalam tulisan yang sama, disebutkan pula betapa kecewanya Presiden Persatuan Sepakbola Malaysia (FAM), Sultan Ahmad Shah.

Namun, Kosmo! juga memberitakan bahwa K. Rajagobal tidak panik dengan hasil ujicoba yang didapat timnya. "Mereka tidak bermain semata-mata kerana saya. Tetapi mereka berhempas pulas kerana ingin mengharumkan nama negara," demikian ucapan Rajagobal yang dikutip koran tersebut.

Sementara itu, koran berbahasa Inggris, New Straits Times, memberikan dua halaman penuh pemberitaan mengenai Piala AFF. Salah satu artikelnya adalah mengenai komentar pelatih Singapura, Radojko Avramovic, yan mengaku tidak terpengaruh dengan hasil-hasil ujicoba milik Malaysia.

Salah satu halaman New Straits Times juga memampang foto Van Beukering yang tengah berlatih bersama tim nasional Indonesia. Di bawahnya tertulis judul "Trim Van Beukering Aims High".

Artikel tersebut memberitakan soal masalah kegemukan Van Beukering dan bagaimana dia sukses menurunkan berat badannya dari 95 kg menjadi 89 kg. Penyerang berdarah Belanda itu juga berkomentar, dia ingin memberi kontribusi besar buat tim. Jika tidak dengan gol, dia beretekad memberikan assist.

Uniknya, artikel mengenai si endut Van Beukering itu adalah satu-satunya artikel mengenai Indonesia di koran tersebut.

(roz/mfi)