Pages

Jumat, 23 November 2012

Komponen Ini Rentan Air Saat Hujan, Hati-Hati

Komponen Ini Rentan Air Saat Hujan, Hati-Hati - Belakangan ini curah hujan mulai meninggi, sebelum berkendara, ada baiknya kita mengecek dan mengantisipasi agar performa sepeda motor tetap terjaga. Beberapa komponen sepeda motor rentan kemasukan air, meskipun dirancang sedemikian rupa hingga diklaim anti air. Berikut ini adalah komponen yang dimaksud :

Saringan Udara
Sama sekali tidak pernah disarankan mencopot saringan udara. Karena selain membuat karburator cepat kotor karena endapan debu, air juga bisa masuk ke ruang bakar dan menyebabkan mesin mati.

Kampas Rem
Jika masih model tromol, trus kondisi kampas sudah tipis. Ketika kemasukan air, rumah teromol (bagian dalam) dari besi bertemu dengan lempengan kampas yang sudah habis. Ciri-cirinya, jika direm berdecit, atau jika kena air kendaraan akan nyelonong.
 
Kabel Gas
Terdapat penghubung antara tuas (handle) dengan kabel yang biasanya ditutup oleh karet khusus (booth). Pastikan karetnya bagus dan belum getas. Karena jika karet ini sudah tidak berfungsi dengan baik, air akan dengan mudah memasuki kabel gas. Efeknya, tuas akan seret karena karat di kabel gas. Kemungkinan lain adalah masuknya air ke karburator melalui kabel gas.

Cop Busi
Banyak kasus, cop busi sudah pecah dan getas mengakibatkan listrik ”nge-ground” karena kena air. Komponen ini tercatat paling banyak membuat pengendara harus berhenti di pinggir jalan karena sepeda motornya mati kebanjiran. Triknya, bagian keramik busi atau pinggiran cop busi disemprot WD-40, atau diolesi griss yang mampu menahan panas. Tidak disarankan menutup cop busi dengan isolasi.

Sumber : kompas.com
Semoga Bermanfaat.