Pages

Jumat, 16 November 2012

Jelang Lawan Kamerun , Nil Maizar Poles Komunikasi Pemain

Pelatih tim nasional Indonesia Nil Maizar memfokuskan diri meningkatkan komunikasi antar pemain dari semua lini. Langkah itu dilakukan menjelang duel melawan timnas Kamerun di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (17/11) besok.

Komunikasi antar pemain dinilai oleh mantan pelatih klub Semen Padang sangat penting. Karena akan berdampak pada pola permainan yang akan ditampilkan saat menghadapi salah satu tim asal Afrika itu.

"Komunikasi diharapkan bisa membangun kekompakan, memperbaiki koordinasi antar lini serta membangun organisasi permainan yang rapi," kata Nil Maizar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Menurut dia, masuknya pemain baru yang di antaranya pemain naturalisasi membawa perubahan skema permainan. Nil Maizar mengaku permasalahan yang ada sedikit demi sedikit bisa diatasi.

Laga melawan Kamerun, kata dia, selain untuk melihat kekompakan tim juga akan dijadikan ajang evaluasi semua pemain sebelum turun di turnamen Piala AFF 2012 di Malaysia, 24 November hingga 1 Desember mendatang.

"Semua kelemahan pada pertandingan kemarin terus kami benahi, termasuk lini depan. Kami berharap besok sudah ada perubahan," kata mantan pelatih Semen Padang itu.

Latihan hari ini Nil Maizar menginstruksikan pada semua pemain untuk menjalani latihan ringan. Latihan disisipi program latihan umpan-umpang silang. Semua pemain terlibat latihan, termasuk pemain naturalisasi, Tonnie Cussel dan Johnny van Beukering.

"Kami juga terus mengasah mental pemain karena ini sangat berpengaruh dalam mengambil keputusan saat akan melakukan shoot, passing maupun crossing," kata Nil Maizar.

Pertandingan ujicoba melawan Kamerun ini merupakan ujicoba terakhir sebelum berangkat ke Malaysia. Sesuai rencana, timnas Garuda berjumlah 22 orang akan bertolak ke Malaysia pada Rabu (21/11). (aR)