Pages

Sabtu, 03 November 2012

Jangan Tertipu Proyektor Palsu Panasonic




Sobat antero, Panasonic dibuat geram. Produk proyektornya dipalsukan dan marak diperjualbelikan. Sudah banyak korban dari aksi tipu-tipu ini, termasuk proyek pengadaan barang yang menggunakan dana bantuan dari Kemendiknas.

PT Sinar Jaya Cemerlang selaku master dealer resmi Panasonic Projector telah mendapati adanya proyektor Panasonic tipe PT-LB2VE palsu di pasaran, beberapa waktu lalu.

Ia memaparkan, pihaknya menerima beberapa produk PT-LB2 yang rusak dan tidak memiliki kartu garansi resmi Gobel, namun terdaftar atas nama perusahaan lain. Dari sisi kemasan, ada perbedaan. Kemudian label yang tertera pada produk berbeda dengan lokasi serial number dengan tipe PT-LB2V2 yang dipasarkan di Indonesia. 

Kemasan antara yang asli dan palsu ada perbedaan.

Selain memiliki tampilan kemasan, nomor seri, dan kartu garansi yang berbeda, proyektor Panasonic tipe PT-LB2 yang palsu memiliki spesifikasi 220 Lumens yang merupakan jeroan dari tipe PT-LB1EA. Seharusnya tipe PT-LB2V2 asli menggunakan 2600 Lumens.

"Para oknum kotor ini nampaknya ingin mengambil keuntungan dari selisih harga dari kedua produk tersebut. Mengingat, dari sisi desain kedua proyektor sama, hanya saja spesifikasinya yang berbeda," terangnya.

Dan parahnya, kata Bara, produk tipe palsu ini telah dijual kepada proyek pengadaan Bansos hardware dan software multimedia kreatif SD/SDLB yang dibeli oleh masing-masing sekolah menggunakan dana bantuan (Bansos) dari Kementerian Pendidikan Nasional.
 
Dengan semakin banyaknya produk palsu Panasonic Projector yang Panasonic terima di service centre, Panasonic mengkomunikasikan dan menjelaskan bahwa service centre Panasonic yang tersebar di 54 kota di Indonesia hanya menerima perbaikan dari unit dengan segel dan kartu garansi Gobel. 

Saran untuk konsumen yang telah mendapati atau membeli Projector Panasonic palsu agar menghubungi pihak terkait.