Pages

Selasa, 10 Juli 2012

Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Orang Hamil | Tips Kesehatan | Makanan Yang Dilarang Bagi Ibu Hamil

Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil | Tips Kesehatan | Makanan Yang Dilarang Bagi Ibu Hamil / Orang Hamil - Posting kali ini KBG akan membahas makanan yang dikonsumsi oleh orang yang hamil, beberapa jenis makanan yang harus dihindarkan / dilarang di konsumsi untuk orang hamil karena makanan ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan terutama untuk bayi dalam kandungannya.  Beberapa makanan yang harus dihindarkan / dilarang bagi ibu hamil tersebut yaitu makanan yang menyebabkan terjadinya infeksi seperti salmonella, toksopla smosis, listeria, E.coli, yang dapat membahayakan janin, Bagi Ibu yang sedang hamil memang perlu ketelitian dalam mengkunsumsi makanan, artinya bahwa seorang wanita yang sedang hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan karena akan berakibat buruk bagi bayi maupun bagi kesehatan sobat sendiri,...


Saat ini banyak makanan yang mengandung zat - zat berbahaya seperti makanan yang mengandung pewarna pengawet, dan penyedap makanan dan sudah barang tentu tidak semuanya aman untuk dikonsumsi terutama buat kehamilan, Dibawah ini Beberapa makanan yang seharusnya dihindarkan / dilarang dikonsumsi khususnya bagi sobat yang lagi hamil sekarang :

  1. Mengkonsumsi minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol, hal ini bisa mengganggu kesehatan janin yang menyebabkan janin bisa terlahir dalam keadaan cacat sepert kepala kecil, mata, wajah, dan tulang tidak normal, serta kemungkinan buruk lainnya seperti cacat mental.

  2. Dilarang merokok, karena nikotin yang ada pada tembakau dapat mengganggu perkembangan bayi dalam kandungan dan biasanya bayi terlahir dalam kondisi berat badan yang tidak normal.

  3. Disamping nikotin dalam rokok terdapat  senyawa racun lain yang berpengaruh buruk kepada gen yang menyebabkan terjadinya mutasi gen. Mutasi gen menyebabkan gen menjadi cacat sehingga bayi yang lahir pun cacat. Begitu juga Bumbu masak, zat pewarna makanan, dan zat pengawet juga kurang baik bagi ibu hamil.

  4. Dilarang makan daging mentah seperti sushi / masakan yang dimasak setengah matang karena mengandung Toksoplasmosis, sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin sobat dan juga E.coli yang bisa membahayakan bagi kehamilan dan janin.

  5. Toksoplasmosis terdapat pula pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh kerana itu bersihkan sayuran sobat dengan baik, apalagi untuk yang dimakan mentah.

  6. Hindari juga kotoran kucing atau bermain - main dengan kucing selama kehamilan kerana mengandung toksoplasmosis.

  7. Dilarang makan daging ayam dan telur yang dimasak kurang matang atau mentah, hindari makan hati ayam / daging yang mungkin sumber dari salmonella, yang dapat menyebabkan diarea yang berat. Juga perhatikan piring, alat masakan yang terkena daging ayam mentah.

  8. Dilarang makan ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar. FDA merekomen ikan tuna dan ikan ukuran besar ini sebanyak 12 auns perminggu.

  9. Dilarang makan Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa tidak ada gejala atau seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran premature, dan keracunan dalam darah.

  10. Dilarang minum kopi karena kopi mengandung kafein, batasi minum kopi kerana kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi. Disamping itu Kopi dapat meningkatkan detak jantung dari janin.

Semoga artikel Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Orang Hamil | Tips Kesehatan | Makanan Yang Dilarang Bagi Ibu Hamil ini Mudah - mudahan bisa bermanfaat untuk sobat. jangan lupa tambahkan jaringan teman dan berikan dukungan di Kolom Blog GRATIS untuk bisa cerdaskan seluruh dunia,...