Pages

Kamis, 18 Agustus 2011

Bus Baru Presiden Obama, Punya Standar Keamanan Tinggi

Shear Blog - Sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat, kendaraan Presiden Barack Obama menjadi paling penting karena terkait dengan keamanan dan aksesibilitas dalam melaksanakan tugas, termasuk bus barunya yang sangat super senilai 1,1 juta dollar AS (Rp 9,3 miliar). Harga itu setara lebih dari lima lusin atau tepatnya 62 unit Toyota Avanza (@ Rp150 juta).

Bus ini diproduksi oleh Prevost asal Kanada dan dimodifikasi oleh Hemphill Brothers Co (desainer interior bus di AS) sesuai pesanan satuan pengamanan Presiden AS, Secret Service. Lalu, apa yang membuat bus ini istimewa sehingga harganya berlipat-lipat ganda dari bus standar ??

Sebagai kendaraan kepresidenan, bus ini punya standar keamanan tinggi, seperti bodi dan kaca antipeluru, serta tahan terhadap bom berdaya ledak kecil dan serangan kimiawi. Di dalamnya tersedia cadangan kantong darah sesuai golongan Presiden, kalau terjadi kondisi darurat.
 
Dengan dimensinya yang besar dan luas, di dalam bus terdapat beberapa ruangan khusus, termasuk kamar tidur dan ruang rapat. Seperti biasa, Secret Service menutup rapat-rapat mengenai spesifikasi teknis bus Obama. Bahkan, hanya sebagian kecil staf senior kepresidenan AS yang pernah masuk ke dalamnya.

Sumber : KOMPAS Otomotif