Pages

Jumat, 26 Agustus 2011

8 Tempat yang Menjadi Sarang Kuman di Tempat Umum

Shear Blog - Tahukah Anda bahwa gagang telepon umum, tombol lift, buku menu , dan gagang pintu lebih banyak mengandung kuman dibandingkan dengan toilet ? Ya, selama ini toilet memang dianggap tempat paling banyak mengandung kuman. Hal ini disebabkan karena gagang telepon umum, tombol lift, buku menu , dan gagang pintu lebih sering disentuh oleh banyak orang dan kuman dengan mudah berpindah. Karena itu Anda harus lebih berhati-hati saat berada di tempat umum. 

Berikut ini beberapa tempat di mana kuman berada :

1. Buku menu restauran Saat Anda berada di restauran Anda pasti meminta menu makanan kepada pelayan. Dan buku menu makanan yang dibawa sebelum diberikan kepada Anda sempat dipegang oleh banyak orang. Ada kemungkinan bahwa kuman sedang beristirahat di buku menu dan berpindah ke tangan Anda. Penelitian telah menunjukan bahwa virus flu dapat hidup sampai 18 jam pada permukaan yang keras.

2. Irisan lemon
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Health pada tahun 2007 menunjukkan bahwa mikroba tinggal di potongan lemon yang menjadi hiasan pada pinggiran gelas direstoran. Mikroorganisme yang mungkin ditemukan dalam potongan lemon, termasuk E. coli. Anda bisa menghindarinya dengan memesan minuman tanpa potongan lemon.

3. Wadah bumbu
Bumbu penyedap seperti garam, kecap, sambal dan merica biasanya disediakan secara bebas di meja restoran. Sayangnya kebanyakan orang lupa mencuci tangan sebelum menyentuhnya sehingga kuman bisa berpindah. Untuk mencegah kuman ada baiknya Anda selalu mencuci tangan atau minimal memakai cairan pembunuh kuman sebelum makan. 

4. Gagang pintu toilet Gagang pintu mengandung kuman lebih banyak dari pada toiletnya sendiri karena banyak orang menyentuhnya. Anda bisa menggunakan tisu kertas untuk menyentuhnya, terutama saat Anda selesai mencuci tangan sebelum makan.

5. Wadah sabun di toilet umum
Wadah sabun yang berada di toilet umum biasanya tidak dibersihkan sehingga mikroba mulai tumbuh. Kuman-kuman berkumpul di sana karena sering disentuh oleh orang yang tangannya masih kotor.

6. Troli supermarket
Kuman dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui pegangan troli di supermarket. Karena itu selalu cuci tangan dengan sabun setelah Anda berbelanja, terlebih ketika musim penyakit tiba.

7. Toilet di pesawat
Toilet di pesawat merupakan gudang bakteri dan mikroba lainnya, terutama di bagian kran dan gagang pintu. Waspadai kemungkinan penularan penyakit terutama jika Anda berada dalam penerbangan luar negeri.

8. Ruang tunggu dokter
Tempat ini merupakan tempat bertemunya berbagai kuman penyakit yang dibawa oleh pasien. Hindari penularan penyakit dengan cara membersihkan tangan dengan sabun. Jika Anda sedang sakit, gunakan masker agar kuman tidak menyebar.
 
Sumber : KOMPAS.com