Pages

Jumat, 17 Februari 2012

MANPADS (Man-Portable Air Defense System) dan 3 Bagian Utamanya

Shear Blog - MANPADS (Man - Portable Air Defense System) adalah salah satu senjata antipesawat terbang yang cukup populer. Sesuai namanya, senjata ini merupakan senjata perorangan yang bisa ditenteng/dipanggul dan difungsikan untuk pertahanan udara dari serangan helikopter dan pesawat terbang lawan. MANPADS juga sering diistilahkan sebagai "shoulder-fired surface-to-air-missile" dan merupakan satu dari dua tipe rudal panggul (tipe satunya adalah rudal antitank/antiarmor).

Secara umum MANPADS terdiri dari tiga bagian utama (diluar rudalnya sendiri) yaitu tabung peluncur (launch tube), sumber daya/tenaga (biasanya baterai) dan pegangan utama (gripstock assembly). Ketiga bagian utama ini didesain untuk dapat dilepas-pasang dengan mudah dan cepat sehingga tidak membuang waktu operator MANPADS.

Tabung peluncur (launch tube) berisi rudal siap tembak di dalamnya dan memiliki fungsi untuk melindungi penembak (operator) dari terjangan motor roket rudal saat penyalaan awal (initial ignition), tabung peluncur juga berfungsi sebagai dudukan subsistem-subsistem lainnya. Tabung peluncur biasanya bersifat sekali pakai, setelah rudal ditembakkan maka tabung tidak bisa dipakai lagi. Namun beberapa MANPADS seperti Strela-2/3 buatan rusia memiliki tabung peluncur yang bisa diisi ulang hingga beberapa kali, setelah lewat jumlah yang disyaratkan pabrikan maka bagian ini harus dibuang.

Bagian utama kedua adalah sumber daya/baterai. Berfungsi untuk menyediakan tenaga listrik bagi keseluruhan sistem (pembidik, seeker, perintah peluncuran rudal) menjelang rudal ditembakkan. Khusus untuk MANPADS berpemandu IR (Infra Red/Infra Merah) bagian baterai biasanya dijadikan satu dengan elemen pendingin yang juga membutuhkan listrik, dan sering disebut dengan Battery Coolant Unit (BCU). 

Bagian utama ketiga adalah gripstock assembly atau gripstock, merupakan kumpulan komponen yang memberikan kendali perintah secara elektris dari operator (penembak) pada sistem. Mulai dari seeker arming, missile arming, dan trigger untuk perintah tembak. Gripstock adalah bagian dari MANPADS yang benar-benar bisa dipakai berulang kali.

Sumber : Majalah COMMANDO War Machine Series - MANPADS Light & Dangerous
Gambar : Google