Pages

Kamis, 08 Desember 2011

Predator Pertama di Muka Bumi Ternyata Sebangsa Udang dan Lobster !!

Anomalocaris
Shear Blog - Pada masa awal kehidupan di Bumi (sekitar 100 juta tahun yang lalu) predator yang berdiri di posisi puncak adalah bangsa Crustacea, kini meliputi golongan udang, lobster, dan kepiting. Jenis Crustacea yang menjadi predator kala itu adalah Anomalocaris. Crustacea berukuran 92 cm ini memiliki mata besar dan mulut dengan alat pemotong yang tajam. Spesies ini diduga merupakan predator pertama di muka Bumi.

Berdasarkan analisis fosil mata yang ditemukan di pulau Kangguru, Australia bagian selatan, ilmuwan mengungkapkan bahwa Anomalocaris saat itu menjadi predator utama di laut. Bukti bahwa Anomalocaris merupakan predator adalah adanya fosil trilobite dan coprolite. Trilobite adalah jenis arthropoda purba dan coprolite adalah salah satu jenis dinosaurus.

Para ilmuwan memperkirakan, karakteristik yang membuat Anomalocaris bisa berada di puncak rantai makanan adalah ukurannya yang tergolong raksasa kala itu. Alasan kedua adalah mulutnya yang memiliki alat pemotong tajam meski tidak diuraikan apakah alat potong itu berupa gigi.

Karakteristik lain yang mendukung hewan itu sebagai predator adalah matanya yang tajam. Mata milik predator ini memiliki setidaknya 16.000 ommatidium yang tersusun heksagonal, menandingi mata paling tajam pada arthropoda saat ini. Ommatidium adalah unit pengelihatan yang terdiri atas sel-sel penerima cahaya yang dikelilingi sel pendukung dan pigmen. Jumlah 16.000 ommatidium hanya pada satu mata. Spesies itu memiliki dua mata.

Mata yang berukuran 2,5 cm menjadi salah satu petunjuk bagaimana organ pengelihatan pada Arthropoda, dan khususnya Crustacea, berevolusi. Masa Anomalocaris ini hidup 100 juta tahun lalu dan masuk pada periode Cambrian. 

Sumber : kompas.com