Pages

Sabtu, 03 Desember 2011

4 Galaksi Berwarna Ekstrim Merah

Shear Blog - Empat galaksi "merona" dengan jarak 13 milliar tahun cahaya dari bumi telah ditemukan oleh astronom. Disebut "merona" karena galaksi ini berwarna merah. Warna ekstrim merah milik galaksi ini membuat teleskop Hubble tidak bisa mendeteksinya. Astronom mesti menggunakan Teleskop Spitzer yang sensitif dengan cahaya inframerah.

Menurut astronom ada beberapa sebab yang membuat galaksi ini berwarna merah, pertama, mereka mungkin punya banyak debu. Kedua, mereka memiliki banyak bintang tua. Dan ketiga, mereka mungkin sangat jauh. Alasan pastinya belum diketahui. Keempat galaksi tersebut terletak berdekatan dalam pengamatan Spitzer. Menurut prediksi astronom, karena berjarak begitu jauh, galaksi yang terlihat adalah pada masa awal setelah Big Bang.

Tahap selanjutnya dari penelitian ini, ilmuwan akan mengukur lebih akurat tingkat merah dari galaksi ini. Penelitian itu membutuhkan teleskop yang lebih kuat, seperti Atacama Large Millimeter Array di Chile. Ilmuwan juga akan mencari galaksi lain yang satu "spesies" dengan keempat galaksi itu. Ada bukti tentang keberadaan yang lain di zona langit yang lain. Astronom akan menganalisa dengan Spitzer dan Hubble

Sumber : kompas.com