Pages

Sabtu, 31 Desember 2011

Badai Matahari akan Meningkat Sepanjang Tahun 2012 - 2013

Shear Blog - NASA atau Badan Antariksa Amerika Serikat mengeluarkan peringatan terkait meningkatnya aktivitas matahari sepanjang tahun 2012 dan 2013 dan mengakibatkan badai Matahari yang lebih sering di Bumi. Badai matahari (coronal mass ejection/CME) merupakan pelepasan energi besar radiasi dan gas pembakaran dari permukaan Matahari. Radiasi ini menyebar ke luar angkasa dan akan sampai ke atmosfer Bumi. 

Badai matahari yang cukup besar bahkan bisa mengakibatkan badai magnetik di Bumi hingga kerusakan listrik, sinyal telepon, dan kekacauan Global Positioning System (GPS). Sebenarnya aktivitas pelepasan plasma panas dari Matahari sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi. Tapi saat ini aktivitas matahari sedang memasuki siklus 11 tahun-an dan puncaknya akan terjadi pada tahun 2013 nanti. 

Solar Dynamics Observatory NASA dalam akun Twitternya menyebutkan bahwa akan ada 20-40 persen peluang terjadinya badai geomagnetik Jika Anda tinggal di dataran tinggi, coba perhatikan terjadinya aurora. NASA juga menegaskan sudah siap untuk mengatasi badai matahari ini. Namun, yang disayangkan adalah terganggunya kehidupan sosial masyarakat karena saat ini mereka sudah sangat tergantung dengan teknologi yang bakal bermasalah saat badai matahari menghantam.

Untuk mengatasinya, NASA mengaku sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia teknologi untuk mewaspadai dampak badai matahari.

Sumber : NGI