Pages

Rabu, 28 September 2011

Ponsel Cerdas Ternyata Bisa Digunakan untuk Memindai Kondisi Otak !!

Shear Blog - Jakob Eg Larsen beserta timnya dari Technical University of Denmark sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat memindai otak kita dan mengamati aktivitas elektrik yang terjadi di dalamnya. Dengan menggunakan ponsel cerdas Nokia N900 yang dilengkapi headset electroencephalogram (EEG) yang tersedia secara komersial, aplikasi pemindai otak kini jadi lebih portabel. Dengan begitu kegiatan monitor sinyal saraf bisa dilakukan di rumah, kantor atau di tempat olah raga.

Aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan pemonitoran kondisi seseorang yang mengidap penyakit tertentu seperti epilepsi, attention-deficit hyperactivity disorder dan kecanduan zat-zat tertentu. Pengguna tidak perlu pergi ke rumah sakit dan hanya perlu menggunakan headset di kepala dan mengaktifkan aplikasi. Layar ponsel akan segera menampilkan model 3 dimensi otak. 

Citra yang dihasilkan dilengkapi data sesuai dengan kondisi yang terdeteksi pada sistem saraf pusat. Citra tiga dimensi yang dihasilkan bisa dirotasi dengan memutar layar ponsel. Jika gambar yang dihasilkan terlalu besar kapasitasnya, gambar bisa ditransfer ke komputer. 

"Biasanya pengukuran EEG seperti ini membutuhkan seperangkat peralatan laboratorium yang sangat mahal," kata Jakob. "Kita harus memasukkan orang yang akan diperiksa, mengisolasi dan mengarahkan mereka untuk begini begitu. Tidak demikian dengan aplikasi ini."

"Ini jauh lebih baik daripada harus pergi ke lab, duduk di sana selama sejam untuk EEG dan pulang," rekan Jakon, Arkadiusz Stopczynski menambahkan. 

Sumber : National Geographic Indonesia