Pages

Kamis, 07 April 2011

Audi Crossover Q3 Baru, Siap Menjegal BMW X1

Shear Blog - Audi AG bakal memboyong Q3 crossover di Shanghai Motor Show Akhir bulan ini. tentu ada yang penasaran, seperti apa wujudnya? Kebetulan, produsen yang berbasis di Ingolstadt, Jerman ini membocorkannya, meski dalam bentuk sketsa melalui media internet. Audi Q3 diposisikan untuk menjegal rival lain disegmen yang sama seperti BMW X1 dan Range Rover Evoque. Tampilannya lebih tangguh dan dimensi lebih kecil dari Q5. 

Desain grill, lampu utama maupun bemper tak beda jauh dengan "sang kakak" (Q5). Dari kabar yang berhembus, Audi bakal membekali mobil ini dengan beberapa varian mesin, di antaranya 2.0 liter empat silinder turbo TFSI bertenaga 200hp dan 3.0 liter diesel serta 3.0 liter bensin supercharged V6 bertenaga 333hp.

Produksi Q3 akan dilakukan oleh perusahaan induk Volkswagen AG di pabrik Martorell dekat Barcelona, Spanyol. Pembukaan pabrik ini bakal menyerap sedikitnya 700 tenaga kerja baru dan kabarnya, VW juga lagi menyiapkan merek baru, Seat mendampingi Audi.

Dipilihnya China sebagai lokasi kemunculan Q3 perdana karena menjadi pasar terpenting Audi sekarang ini. Sepanjang kuartal pertama tahun ini penjualan di China dan Hong Kong tercatat 64.122 unit naik 24,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Meneruskan rekor kami tahun lalu, kuartal pertama 2011 kami berhasil mencapai pertumbuhan positif di CHina. Tahun ini kami menargetkan penjualan sedikitnya 280.000 unit," ujar Peter Schwarzenbauer, Direksi Pemasaran dan Penjualan Audi AG.